x

Siapa Carlos Alcaraz? Bocah Argentina yang Buat AC Milan Dimabuk Asmara

Jumat, 29 September 2023 17:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan, dirumorkan tertarik dengan pemain muda milik Southampton, Carlos Alcaraz, pada bursa transfer mendatang.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan, dirumorkan tertarik dengan pemain muda milik Southampton, Carlos Alcaraz, pada bursa transfer mendatang.

Melansir dari Football Transfers, AC Milan kembali kepada incaran lama mereka, yakni gelandang berumur 20 tahun Southampton yang bernama Carlos Alcaraz.

Baca Juga

Mereka sudah dikaitkan dengan sang pemain sejak bursa transfer musim panas 2023. Namun, AC Milan atau Rossoneri tidak sudi memenuhi tuntutan Southampton sebesar 34 juta euro.

Akhirnya, mereka pun mendekati gelandang lain seperti Tijjani Reijnders, Ruben Loftus-Cheek, dan Yunus Musah untuk mengisi posisi tersebut.

Namun kini klub asal kota Milano ini kembali memantau Alcaraz jelang bursa transfer musim dingin pada Januari 2024 mendatang.

Lalu seperti apa profil dari Carlos Alcaraz? Bagaimana rekam jejaknya hingga AC Milan kembali tertarik mendatangkannya dari Southampton.

Baca Juga

Profil Carlos Alcaraz

Carlos Alcaraz adalah pesepak bola muda asal Argentina yang menempati sektor lini tengah atau gelandang bagi Southampton.

Pemain kelahiran La Plata pada 30 November 2002 itu merupakan jebolan akademi klub Argentina, Racing Club. Sebelumnya, ia merupakan pemain jebolan Deportes Infantiles de Villa Elisa.

Ia mencatatkan debutnya di kancah profesional pada usia 17 tahun, yakni pada 2020 lalu kala Racing Club bermain 1-1 dengan Atletico Tucuman.

Sejak debutnya itu, pemain yang juga akrab disapa Charly ini perlahan menjadi andalan Racing Club, setidaknya hingga tahun 2022 atau saat usianya 19 tahun.

Total Alcaraz bermain bagi Racing Club sebanyak 83 laga dengan lesakkan 12 gol dan 5 assist. Catatan itu membuat Southampton memboyongnya dengan harga 15 juta euro pada Januari 2023.

Di Southampton, Alcaraz tampil moncer dengan mencetak 4 gol dan 2 assist dari 18 laga. Sayangnya, ia harus terdegradasi bersama klubnya dan kini bermain di kasta kedua.

Meski begitu, AC Milan tetap tertarik memboyongnya. Lalu seperti apa kualitas Carlos Alcaraz hingga Rossoneri dibuat mabuk asmara dengannya?

Baca Juga

1. Kualitas Carlos Alcaraz

Carlos Alcaraz, pemain Southampton. (Foto: REUTERS/John Sibley)

Sebagai gelandang tengah, Carlos Alcaraz punya catatan menarik yang tak bisa dipandang remeh, meski bermain di kasta kedua Inggris.

Hal ini terlihat dari angka-angka yang ia miliki, di mana Alcaraz yang masih belia, tergolong gelandang subur dan kreatif seperti gelandang modern pada umumnya.

Baca Juga

Alcaraz memiliki catatan 0,16 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dari rataan 4,25 tembakan yang ia buat. Bisa dikatakan, ia adalah pemain yang gemar melepaskan tembakan spekulatif.

Meski belum mencetak assist, tapi Alcaraz tergolong kreatif dengan rataan 5,24 Shot-Creating Actions (SCA) per 90 menit atau peluang yang diciptakan dari dribel dan operannya.

Sebagai gelandang, Alcaraz pun punya catatan menarik dengan rata-rata melepaskan 59,4 operan per 90 menit dengan akurasi mencapai 84,6 persen.

Hebatnya, sebanyak 8,84 operan itu bersifat progresif dibarengi dengan rataan dribel 1,96 kali per 90 menit dan mampu melewati lawan sebanyak 2,96 kali per 90 menit.

Baca Juga

Kemampuan ini membuat Alcaraz cocok untuk bermain sebagai Double Pivot dalam skema 4-2-3-1, yakni sebagai gelandang Box to Box atau pemain nomor 8.

Soal peran sebagai gelandang nomor 8, Alcaraz juga tak hanya piawai dalam menyerang, tapi juga bertahan dengan rataan 3,11 tekel+intersep dan memenangkan 1,8 duel udara per 90 menit.

Di sisi lain, kemampuan mencetak gol serta kemampuannya menciptakan peluang juga membuat Alcaraz cocok untuk bermain di pos nomor 10, pos yang dibutuhkan AC Milan.

Melihat catatan-catatan ini, wajar jika AC Milan dimabuk asmara dengan Alcaraz dan berniat membajaknya pada Januari 2024 mendatang.

Baca Juga
Bursa TransferAC MilanIn Depth SportsLiga ItaliaprofilTransfer PemainIndepth

Berita Terkini