x

Menerawang Nasib Trio Liverpool yang Bakal Habis Kontrak Akhir Musim Ini

Sabtu, 30 September 2023 14:30 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Joel Matip menjadi salah satu pemain Liverpool yang akan habis kontrak akhir musim ini. Foto: REUTERS/Lee Smith.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, dihadapkan PR besar terkait kontrak sejumlah pemainnya akhir musim nanti.

Setelah melepas sejumlah pemain musim panas ini, Liverpool masih harus mengurus beberapa kontrak pemain yang akan segera kedaluwarsa.

Jika tidak mengambil langkah untuk memperpanjangnya, mereka mungkin bisa kehilangan pemain-pemain ini seperti Milner, Keita, Oxlade-Chamberlain, dan Firmino.

Lantas siapa saja pemain yang bakal habis kontrak di Liverpool saat akhir musim nanti, dan apakah ada dari mereka yang layak dipertahankan?

Joel Matip (Bertahan/Lepas)

Pemain yang satu ini merupakan satu dari sekian pemain yang direkrut saat era-era awal Jurgen Klopp di Liverpool.

Tidak butuh biaya banyak, Joel Matip mendarat ke Liverpool pada 2016 dengan status bebas transfer dari Schalke 04.

Baca Juga

Meski cukup sering mendapat kritik terkait penampilannya, ia adalah pemain yang beperan vital bagi kemenangan Liverpool di Liga Champions 2018/2019.

Ia menjadi salah satu aktor gol Liverpool di final yang dicetak oleh Divock Origi. Namun sayangnya, Joel Matip juga pemain yang rawan cedera.

Tidak ayal, ia pun menjadi bek tengah pilihan keempat di daftar prioritas Jurgen Klopp setelah Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, dan Joe Gomez.

Posisi Joel Matip sendiri untuk sekarang masih cukup aman di Liverpool. Namun situasi bisa berubah apabila Jurgen Klopp merekrut bek tengah baru sebagai penyegaran skuad.

Baca Juga

Untuk saat ini, eksistensi Joel Matip masih diakui dan sempat diandalkan beberapa waktu lalu saat Virgil van Dijk terkena hukuman kartu dan Ibrahima Konate tengah cedera.

Adrian (Lepas)

Adrian merapat ke Liverpool dengan status bebas transfer pada 2019 dari West Ham United sebagai pengganti Simon Mignolet.

Diproyeksikan sebagai kiper pelapis Alisson Becker, Adrian sayangnya tidak mampu berbuat banyak untuk mewujudkan ekspektasi tersebut.

Dari hari ke hari ia malah melorot di pecking order Jurgen Klopp dan tersaingi oleh Caoimhin Kelleher yang kini menjadi kiper pilihan kedua.

Kemungkinan besar, Adrian bakal angkat kaki dari Liverpool pada akhir musim 2023/2024 nanti, mengingat sebelumnya ia sudah pernah punya pikiran untuk hengkang.

Adrian sempat ingin pergi pada akhir musim 2022/2023 lalu namun malah memperpanjang kontraknya selama satu tahun.

Pergi dari Liverpool nampaknya bisa jadi solusi bagi Adrian ketimbang ‘membusuk’ sebagai kiper yang tidak terpakai oleh Jurgen Klopp.

Apalagi, musim ini ia belum mencatatkan satu penampilan pun bersama tim utama dan tidak masuk ke skuad Liverpool untuk Liga Europa. 

Baca Juga

1. Ada sang Maestro Lapangan Tengah

Thiago Alcantara juga akan habis kontrak di Liverpool akhir musim ini. Foto: Reuters/David Klein.

Thiago Alcantara (Bertahan/Lepas)

Sering disebut-sebut sebagai maestro lapangan tengah, Thiago Alcantara merapat dari Bayern Munchen ke Liverpool pada 2020 lalu.

Saat itu, kedatangannya diiringi ekspektasi yang cukup tinggi, menyusul keberhasilan pemain asal Spanyol ini memenangkan trebel bersama Bayern Munchen.

Baca Juga

Meski berhasil menunjukkan kualitas yang jempolan, Thiago sayangnya harus berkutat dengan drama cedera yang terus-terusan menghantuinya.

Pada musim 2022/2023 saja, ia hanya bermain sebagai starter 14 kali di Liga Inggris dan belum satu kali pun diturunkan sepanjang 2023/2024 ini.

Dalam beberapa waktu terakhir, Liverpool pun dikabarkan akan melepasnya. Apalagi saat ini, sektor gelandang mereka juga sudah terisi cukup penuh.

Di sisi lain, melepas Thiago akan mengurangi beban Liverpool karena sang pemain termasuk salah satu yang bergaji tinggi di skuad.

Baca Juga

Berdasarkan data Capology, Thiago merupakan pemain bergaji tinggi ketiga di Liverpool setelah Mohamed Salah dan Virgil van Dijk.

Ia mengantongi 200 ribu pounds (sekitar Rp3,7 miliar) per pekan.

Di bursa transfer musim panas ini, Thiago sejatinya mendapat peminat dari klub-klub Arab dan Turki, tapi memilih tinggal di Liverpool.

Untuk sekarang, Jurgen Klopp masih menaruh kepercayaan kepada Thiago dan memujinya sebagai pemain yang sangat berpengalaman.

Baca Juga
 
LiverpoolThiago AlcantaraLiga Primer InggrisJoel MatipLiga InggrisAdrian San MiguelOne FootballIndepth

Berita Terkini