x

Sakiti Liverpool, Wasit Simon Hooper Dulu Malaikat Pelindung Manchester United

Minggu, 1 Oktober 2023 15:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Wasit laga Tottenham Hotspur vs Liverpool, Sabtu (30/09/23), Simon Hooper. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Nama Simon Hooper sedang menjadi perbincangan setelah laga kontroversial Liga Inggris (Premier League) antara Tottenham Hotspur vs Liverpool, Sabtu (30/09/23).

Seperti diketahui, Liverpool mengalami banyak kesialan di laga tersebut: gol bunuh diri Joel Matip, kartu merah Diogo Jota dan Curtis Jones.

Baca Juga

Lalu tidak ketinggalan pula Cody Gakpo yang malah mengalami cedera. Namun yang paling fenomenal adalah gol Luis Diaz yang dianulir.

Pemain asal Kolombia tersebut dianggap telah offiside sebelum menerima umpan yang berujung gol bagi Liverpool.

Bahkan setelah melihat VAR pun, wasit tetap menganulir gol tersebut. Keputusannya memicu polemik dan Professional Game Match Officials Board (PGMOL) pun terpaksa turun tangan.

PGMOL menyoroti keputusan sang pengadil lapangan dan meminta maaf kepada Liverpool. Apalagi, sepanjang laga Simon Hooper juga mengeluarkan kartu-kartu yang tidak perlu.

Baca Juga

Kini, publik hanya bisa menunggu apakah sang wasit akan mendapat hukuman atau sanksi buntut kepemimpinannya di laga Tottenham Hotspur vs Liverpool.

Namun sebelum berulah di laga semalam, Simon Hooper sudah pernah melakukan sejumlah aksi kontroversial di Inggris.

Bahkan, ia tidak cuma sekali menjadi ‘malaikat pelindung Manchester United’ berkat keputusan-keputusan yang ia ambil.

Manchester United setidaknya pernah diuntungkan dengan keputusan Simon Hooper, tepatnya saat menghadapi Wolverhampton Wanderers pada Agustus lalu.

Baca Juga

1. Simon Hooper Sudah Pernah Berulah Sebelumnya

Wasit laga Tottenham Hotspur vs Liverpool, Sabtu (30/09/23), Simon Hooper. Foto: REUTERS/David Klein.

Di pertandingan tersebut, sama seperti Tottenham Hotspur vs Liverpool, Simon Hooper dan petugas VAR menjadi sorotan utama karena dinilai mengambil keputusan yang keliru.

Ia tidak memberi penalti untuk Wolverhampton Wanderers setelah Andre Onana melakukan pelanggaran kepada Sasa Kalajdzic.

Baca Juga

Malahan, ia mengganjar pelatih Wolverhampton Wanderers, Gary O’Neill, dengan kartu merah karena menganggapnya telah melakukan protes berlebihan.

Pada saat itu, PGMOL juga turun tangan dan meminta maaf kepada Wolverhampton Wanderers atas kinerja Simon Hooper dan perangkat pertandingan yang bertugas.

PGMOL menilai, Wolverhampton Wanderers seharusnya mendapat penalti atas pelanggaran Andre Onana tersebut.

Namun nasi sudah menjadi bubur.

Baca Juga

Menyusul insiden tersebut, seluruh wasit yang bertugas di laga Manchester United vs Wolverhampton Wanderers pun diistirahatkan.

Manchester United sendiri berhasil meraih kemenangan tipis dengan skor 1-0.

Simon Hooper merupakan wasit kelahiran Swindon 41 tahun lalu dan saat ini bekerja sebagai wasit di Premier League Liga Inggris.

Tidak hanya membuat rugi Liverpool dan Wolverhampton Wanderers, Simon Hooper juga pernah menganulir gol Philippe Coutinho di laga Aston Villa menghadapi Manchester City, September 2022.

Berhubung gol tersebut tidak sah, Aston Villa gagal menang dan harus ikhlas mengakhiri pertandingan dengan skor imbang 1-1.

Baca Juga
Manchester UnitedLiverpoolManchester CityTottenham HotspurLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini