x

Jarell Quansah, Titisan Virgil van Dijk yang Curi Perhatian di Liga Europa

Jumat, 6 Oktober 2023 09:13 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bek Liverpool, Jarell Quansah, saat bersama Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Phil Noble.

INDOSPORT.COM - Jarell Quansah menorehkan catatan impresif saat dimainkan di pertandingan Liga Europa (Europa League) Liverpool vs Union Saint-Gilloise, yang selesai Jumat (06/10/23) dini hari WIB.

Ia bermain di posisi Virgil van Dijk didampingi bek tengah senior, Ibrahima Konate. Turut pula bermain bersama mereka, Trent Alexander-Arnold dan Kostas Tsimikas.

Baca Juga

Liverpool tampil sebagai pemenang dengan skor 2-0 berkat gol Ryan Gravenberch dan Diogo Jota. Mereka kini mempertahankan posisi puncak klasemen sementara dengan poin sempurna.

Meski Ryan Gravenberch menjadi atensi tersendiri di laga Liga Europa semalam lantaran mencetak gol perdananya untuk Liverpool, Jarell Quansah juga tidak luput dari sorotan.

Bek tengah berusia 20 tahun ini bermain penuh selama 90 menit dan mencatatkan 90% pass accuracy, 8 ball recoveries, 4 interceptions, dan 2 clearances.

Namun Jarell Quansah menjadi pemain yang tampil mencolok di laga semalam bukan karena sebatas angka dan statistik semata.

Baca Juga

Posturnya yang menjulang seperti Virgil van Dijk, ditambah naluri agresif, kecepatan, serta kemampuan ‘menggertak’ yang cukup ‘galak’, menjadikannya tembok kokoh di lini pertahanan Liverpool.

Ia juga cekatan dalam menyamber bola muntah Alisson Becker di dekat gawang, bahkan terlihat tidak gentar saat bertarung dengan penyerang Union Saint-Gilloise, Kevin Rodriguez.

Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila Jarell Quansah mendapat rating tinggi dari para pengamat laga Liverpool vs Union Saint-Gilloise.

Ryan Gravenberch memang mencetak gol perdana dan Diogo Jota memperlebar skor kemenangan, tapi Jarell Quansah adalah sang Man of the Match.

Baca Juga

1. Jarell Quansah sang Titisan Virgil van Dijk

Bek Liverpool, Jarell Quansah, saat bersama Jurgen Klopp. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Tidak ayal, Jarell Quansah bisa menjadi calon bek tengah masa depan Liverpool penerus Virgil van Dijk. Dari perawakan dan kewarganegaraan saja mereka mirip.

Liverpool sendiri sempat dikaitkan dengan sejumlah bek tengah di bursa transfer musim panas, termasuk Micky van de Ven.

Akan tetapi, Jurgen Klopp mungkin sadar, ia sebenarnya tidak perlu jauh-jauh berburu hingga ke ujung dunia sekalipun. Penerus Virgil van Dijk sudah ada di depan mata.

Berposisi sebagai bek tengah seperti Virgil van Dijk, Jarell Quansah juga bisa beroperasi sebagai bek kanan.

Situs resmi Liverpool pun mendeskripsikannya sebagai pemain yang cepat dan bisa membawa bola dengan baik.

Ia berpostur tinggi dan berfisik kuat, mampu mengatur dan mendominasi lini belakang dengan baik, serta memiliki passing range yang apik.

Baca Juga

Jarell Quansah adalah pemuda asal Warrington yang telah menimba ilmu bersama Liverpool sejak usia 5 tahun.

Sejak bergabung sebagai murid akademi Liverpool, Jarell Quansah kecil menjalani hari-harinya dengan bermain di berbagai tim kelompok usia.

Namun jika harus menyorot salah satu prestasi terbaiknya, mungkin saat didapuk sebagai kapten untuk Liverpool U-18.

Bahkan, ketika sudah berada di tim U-23 sekalipun, ia masih menyandang ban kapten saat bertanding bersama rekan-rekannya di U-19.

Selain itu, Jarell Quansah juga anggota skuad Liverpool yang tampil apik di FA Youth Cup 2021 bersama Tyler Morton, Billy Koumetio, dan Mateusz Musialowski.

Sering disebut-sebut sebagai titisan Virgil van Dijk, menariknya, Jarell Quansah pun pernah mendapat pujian dari seniornya tersebut.

Baca Juga

Virgil van Dijk sempat mengomentari debut sang junior di laga kontra Wolverhampton Wanderers belum lama ini. Menurutnya, Jarell Quansah adalah bek yang solid.

“Menurut saya dia luar biasa. Bermain tandang melawan Wolves, pertandingan yang sulit, tapi menurut saya dalam hal jumlah waktu bermainnya, dia luar biasa,

“Agar dia tetap tenang, menjalankan tugasnya, dia sangat solid, seseorang yang bisa Anda percaya dan itu sangat menyenangkan untuk dilihat,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi Liverpool.

Selain mengaku senang dengan perkembangan Jarell Quansah, Virgil van Dijk juga berharap juniornya itu terus bekerja keras untuk mencapai kesuksesan.

Apalagi, saat ini ia sudah berada di klub yang hebat seperti Liverpool, dengan lingkungan dan tim yang juga hebat. 

Baca Juga
LiverpoolLiga EuropaVirgil van DijkUnion Saint-GilloiseIndepthJarell Quansah

Berita Terkini