x

Head to Head Striker Timnas Indonesia, Rochy Putiray Terkesan Ramadhan Sananta

Minggu, 8 Oktober 2023 20:14 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Striker Timnas Indonesia, Ramadhan Sananta merayakan gol ke gawang Malaysia di Piala AFF U-23 2023.

INDOSPORT.COM - Head to head striker timnas Indonesia yang dipanggil ke Kualifikasi Piala Dunia 2026 vs Brunei Darussalam, Rochy Putiray terkesan pada Ramadhan Sananta.

Ada dua penyerang yang menjadi tokoh utama di timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Brunei Darussalam, yakni Ramadhan Sananta dan Dimas Drajad.

Baca Juga

Ramadhan Sananta merupakan striker muda berusia 20 tahun, yang menjadi andalan klub Persis Solo di kompetisi Liga 1 2023/24.

Sementara Dimas Drajad adalah penyerang berusia 26 tahun yang saat ini bermain untuk klub Persikabo 1973. Jika melihat head to head di Liga 1, siapa striker terbaik untuk timnas?

Ramadhan Sananta sudah tampil dalam 11 laga. Ia melewatkan empat laga karena dipanggil ke timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23 hingga Asian Games 2022.

Meski begitu, Ramadhan Sananta memiliki kontribusi besar bagi Persis Solo. Ia turut mencetak lima gol untuk Laskar Sambernyawa.

Baca Juga

Sementara Dimas Drajad, sejauh ini baru tampil dalam 9 laga. Ia beberapa kali absen karena cedera, dan sampai saat ini belum mencetak satu pun gol untuk Persikabo.

Meski begitu, bukan berarti Dimas Drajad tanpa kontribusi. Ia juga mencetak dua assist untuk Laskar Padjajaran. Tentu ada alasan mengapa Shin Tae-yong memanggilnya.

Kini, Ramadhan Sananta akan bersaing dengan Persikabo 1973, untuk mendapat posisi striker utama timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Menurut penerawangan striker legendaris timnas Indonesia, Rochy Putiray lebih pro kepada Ramadhan Sananta, meski ia lebih muda jika dibandingkan Dimas Drajad.

Baca Juga

1. Ramadhan Sananta di Mata Rochy Putiray

Rochi Putiray, salah satu pemain di Timnas Indonesia di Sea Games 1991, memuji striker muda Ramadhan Sananta. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Beberapa waktu lalu, striker legendaris timnas Indonesia, Rochy Putiray berbincang dengan pengamat sepak bola Akmal Marhali di kanal Youtube Mahardika Entertainment.

Menurut Rochy Putiray, hadirnya banyak pemain asing di Liga 1 musim ini secara tidak langsung membuat kesempatan striker lokal untuk meraih jam terbang menjadi minim. 

Baca Juga

Meski begitu, potensi striker lokal Indonesia sebenarnya tidak buruk. Bahkan, ada satu penyerang yang menurutnya memiliki daya juang tinggi saat membela Timnas Indonesia.

Ketika Akmal Marhali bertanya, siapakah striker Timnas yang memiliki karakter mirip dengannya, Rochy Putiray dengan mantap menjawab Ramadhan Sananta.

"Ada, yang kemarin juara SEA Games, siapa strikernya itu (Ramadhan Sananta). Dia fight," ungkap Rochy Putiray pada Akmal Marhali.

"Mungkin dia tidak sama seperti saya yang mau berantem di sepak bola, tapi fighting dia untuk hal yang positif. Semua bola dia kejar."

Baca Juga

Salah satu penampilan terbaik Ramadhan Sananta adalah saat membela Timnas di SEA Games 2023. Ia mencetak 2 gol di babak final vs Thailand, hingga keluar sebagai juara.

"Gol yang terakhir itu (di SEA Games), lihat dia punya karakter. Kalau dia tipikal pemalas, bukan fighter, tidak akan mungkin bikin gol penentu," tambah Rochy Putiray lagi.

"Karena itu posisi susah, bola juga bola susah, dan dia dengan ketinggalan dua langkah, dia bisa ambil keputusan, dia memaksa kakinya mencolek bola," puji sang striker legendaris.

Dengan kemampuan Ramadhan Sananta, besar kemungkinan jika ia lebih diandalkan oleh Shin Tae-yong untuk jadi ujung tombak skuat Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga
Dimas DrajadRochi PutirayRochy PutirayTimnas IndonesiaMuhammad Dimas DrajadBerita Timnas IndonesiaRamadhan Sananta

Berita Terkini