x

Susul AC Milan, Inter Milan Juga Segera Rampungkan Proses Stadion Baru

Jumat, 13 Oktober 2023 14:40 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Menyusul AC Milan, rival sekota Inter Milan juga diketahui segera merampungkan proses pembangunan stadion baru yang ditarget bisa ditempati pada 2028/29.

INDOSPORT.COM – Menyusul AC Milan, rival sekota Inter Milan juga diketahui segera merampungkan proses pembangunan stadion baru yang ditarget bisa ditempati pada 2028/29.

Sebagaimana diketahui, dua klub raksasa Liga Italia (Serie A), AC Milan dan Inter Milan, sejak dulunya memang berbagi kandang di Stadion San Siro yang dimiliki pemerintah kota.

Baca Juga

Alhasil kedua klub tersebut terpaksa menumpang dan membayar sewa tahunan. Dengan statusnya sebagai penyewa, AC Milan dan Inter Milan tidak leluasa untuk melakukan renovasi.

Permintaan renovasi pun ditolak. Alasannya Menteri Kebudayaan Italia akan menjadikan San Siro sebagai monumen bersejarah mulai 2025 sehingga tidak bisa direnovasi.

Menanggapi situasi ini, AC Milan dan Inter Milan sempat berencana untuk membangun stadion bersama dengan kapasitas 60 ribu kursi di lokasi yang sama, yang akan diberi nama "The Cathedral".

Hanya saja rencana itu urung dieksekusi lantaran tersendat banyak kendala, hingga akhirnya Inter Milan dan AC Milan memutuskan berpisah stadion.

Baca Juga

Dilansir dari Football Italia, pemerintah Milan melalui Walikota Giovanni Ferreti sempat berusaha menahan kedua tim untuk tidak meninggalkan San Siro, tetapi ditolak.

AC Milan diketahui memilih Stadion di San Donato sebagai markas baru, dan diproyeksikan pembangunan akan selesai pada 2028/29, bertepatan dengan peringatan 130 tahun berdirinya klub.

Sementara dari informasi terbaru, Inter Milan juga akan membangun stadion baru di distrik Rozzano, dan sudah disetujui oleh Walikota Giovanni Ferreti.

Laporan dari Il Sole 24 Ore mengatakan Inter Milan telah menerima izin awal dari Pemerintah Kota Rozzano dan izin resmi sudah diterbitkan.

Baca Juga

1. Inter Milan Bangun Stadion Baru

Inter Milan Bangun Stadion Baru.

Seperti yang dijelaskan dalam laporan Il Sole 24 Ore, Inter Milan akan mempresentasikan proyek pembangunan stadion baru di Rozzano pada bulan April 2024.

Sementara itu, walikota Rozzano, Giovanni Ferreti, mengungkapkan beberapa detail dari proyek pembangunan stadion baru Inter Milan.

Baca Juga

“Kami mengetahui mengenai negosiasi antara Inter dan Cabassi, tetapi hal tersebut masih bersifat tidak resmi sehingga dirahasiakan.”

“Inter mengajukan permintaan resmi untuk melakukan pre-emption. Kemudian mereka datang ke pemerintah kota untuk mempelajari proses dan langkah-langkah yang diperlukan” jelas Ferretti dalam wawancaranya dengan Sky Sport via FCInterNews.

“Inter ingin memasukkan kata “stadion” dalam izinnya. Sebuah stadion membutuhkan pasukan polisi di daerah tersebut.”

“Kita juga harus memindahkan kereta bawah tanah. Dibutuhkan waktu tujuh atau delapan menit berjalan kaki dari metro ke area proyek tersebut. Kami sudah memberikan izinnya, sekarang perlu waktu 60 hari agar bisa efektif,” sambungnya.

Baca Juga

“Kalau saya optimis, saya perkirakan pekerjaan konstruksi akan dimulai pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025.”

Jika semua terealiasi sesuai keinginan, maka publik akan melihat bagaimana dua raksasa Liga Italia, AC Milan dan Inter Milan, akan memiliki stadion megah masing-masing.

Sebuah stadion sepak bola yang tentu dirancang indah nan mewah dengan kapasitas 70 ribu tempat duduk yang ramah lingkungan di Kota Milano.

Baca Juga
AC MilanInter MilanStadion San SiroLiga ItaliaBola InternasionalBerita Liga Italia

Berita Terkini