x

Pantas Singkirkan Rashford dan Antony, Bedah Kualitas Tokcer Mitoma untuk Manchester United

Minggu, 15 Oktober 2023 05:08 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Nama Kaoru Mitoma sudah sukses menyihir Liga Inggris (Premier League) dalam dua musim terakhir dan Manchester United diharapkan bisa mendapatkannya. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

INDOSPORT.COM - Nama Kaoru Mitoma sudah sukses menyihir Liga Inggris (Premier League) dalam dua musim terakhir dan Manchester United diharapkan bisa mendapatkannya.

Permainan yang direct dari sang winger Jepang dianggap bisa menjadi solusi bagi lini serang Setan Merah yang jauh dari kata menyakinkan kendati sudah memasuki tahun kedua dalam asuhan Erik ten Hag.

Baca Juga

Ide untuk merekrut Mitoma dikemukakan oleh mantan penyerang Manchester United, Louis Saha, yang sejauh ini kurang puas dengan performa para wide forward di Old Trafford.

Marcus Rashford, Antony Santos, dan Jadon Sancho dianggapnya tidak bisa membuat keputusan secepat Mitoma saat menguasai bola.

Karakter explosive menurut Saha adalah sesuatu yang tidak terlihat dari opsi sayap Manchester United saat ini.

"Saya ingin melihat Kaoru Mitoma bermain di Old Trafford. Ia adalah pemain yang sangat menarik dan terlihat tidak pernah ragu saat bola berada di kakinya," beber Saha.

"Tanpa pikir panjang ia membombardir pertahanan lawan dan bermain dengan senyuman. Sangat menghibur. Ia cocok untuk Manchester United,"

Baca Juga

"Banyak pemain yang terlalu dalam mengambil keputusan dan Mitoma hanya bersandar pada insting. Di Manchester United hanya Rasmus Hojlund yang mirip dirinya sementara sisanya terlalu lamban," pungkasnya kemudian.

Kebetulan Kaouru Mitoma sendiri pernah mengindikasikan jika ia adalah fans Manchester United semasa kecil karena faktor Cristiano Ronaldo.

Amat menarik jika nantinya ia benar-benar bisa benar-benar pindah ke sana meski realitanya akan sangat sulit membujuk Brighton & Hove Albion untuk melepas pemain 26 tahun itu.

Kontraknya di Amex Stadium masih tersisa sampai Juni 2025 dan menurut The Mirror deal untuk memperpanjang kerja sama sampai dua tahun setelahnya tinggal menunggu pengumuman saja.

Meski demikian Manchester United tetap harus mempertimbangkan untuk merekrut Mitoma. Pasalnya ia bisa menjadi upgrade serius bagi sektor sayap mereka yang tidak bertaring.

Baca Juga

1. Mitoma The Gold Standard

Kaoru Mitoma (kanan). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Manchester United punya 1001 masalah yang membuat start mereka di 2023/2024 jauh dari kata ideal. Salah satunya adalah mampetnya produktivitas sektor sayap.

Musim lalu Marcus Rashford bisa menyediakan mereka dengan 17 gol plus lima assist di Liga Inggris namun musim ini sumbangsih sang pangeran Old Trafford baru sebatas satu gol dan assist.

Baca Juga

Erik ten Hag tidak bisa menggantikannya dengan Jadon Sancho yang kini dibekukan dari skuad karena masalah indisipliner. Tidak juga dengan Alejandro Garnacho yang masih berusia 19 tahun dan belum layak dijadikan starter reguler.

Sementara itu Antony juga tidak bisa banyak membantu karena rekening gol maupun assistnya sendiri belum terbuka. Ditambah lagi ia sempat absen selama beberapa waktu akibat mengurus kasus dugaan penganiayaan pada mantan kekasihnya.

Untuk mensiasati itu Ten Hag sempat memplot Bruno Fernandes sebagai false winger menggantikan Antony tidak lupa memberikan kesempatan Facundo Pellistri membuktikan diri namun hasilnya tidak memuaskan.

Ekspektasi besar untuk menang sepertinya jadi beban para widemen Manchester United bermain lepas. Bukan sekali dua kali saja mereka dikeluhkan oleh para fans tidak cukup berani melewati lawan karena takut possession tercuri terutama Sancho dan Antony.

Itulah kenapa Kaoru Mitoma layak untuk dibeli. Di musim keduanya bersama Brighton & Hove Albion, ia sudah menjadi gold standard untuk para winger di Liga Inggris.

Baca Juga

Oleh pelatihnya di The Seaguls, Roberto De Zerbi, Mitoma diberi kebebasan menyisir sisi kiri lapangan untuk nanti menciptakan peluang untuk rekan atau bahkan melepaskan sendiri tembakannya.

Hasilnya dari delapan pertandingan sudah tiga gol dan tiga assist yang ia ciptakan. Eks Kawasaki Frontale itu adalah salah satu roket pendorong Brighton yang sempat memuncaki klasemen Liga Inggris di pekan-pekan pertama 2023/2024.

Semua itu didapatkan dari xG sebesar 1,9 saja yang menandakan ia sangat efektif dalam memanfaatkan peluang. Sebagai pembanding, Rashford punya 2,8 dan Antony 0,7 namun keduanya belum bisa punya produktivitas sebaik Mitoma.

Data tersebut diambil dari FBref. Situs yang sama juga menunjukkan jika Mitoma masuk lima besar pendribel terbanyak Liga Inggris musim ini dengan jumlah 43 kali dan 34% di antaranya berujung sukses.

Mitoma juga termasuk pengumpul progressive carries terbanyak dengan 47 kali. Cuma Dejan Kulusevski (51) yang mengunggulinya dalam hal ini. Dapat dilihat dari grafik Squawka berikut yang menunjukkan Kaoru Mitoma memang winger dengan paket lebih lengkap dari opsi yang dipunya Manchester United sekarang.

Perbandingan statistik Kaoru Mitoma dan winger Manchester United musim ini.
Baca Juga
Manchester UnitedMarcus RashfordLiga InggrisJadon SanchoAntony dos SantosKaoru MitomaIndepth

Berita Terkini