x

6 Bintang Naturalisasi Timnas Kamboja Siap Guncang ASEAN: Dari Eropa hingga Afrika

Selasa, 17 Oktober 2023 12:08 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Timnas Kamboja di Laga Kualifikasi Piala Dunia

INDOSPORT.COM – Kekuatan Timnas Kamboja diprediksi bakal kian meningkat setelah kehadiran sejumlah bintang naturalisasi dalam skuat mereka.

Dalam sejarahnya, Timnas Kamboja memang bukan salah satu negara yang punya kekuatan sepak bola mentereng di kawasan Asia.

Baca Juga

Bahkan untuk level ASEAN pun Kamboja tak pernah berbicara lebih pada gelaran Piala AFF dan lebih sering jadi lumbung gol tim lain.

Termasuk Timnas Indonesia yang kerap mengalahkan Kamboja dengan skor mencolok, seperti saat pertandingan persahabatan tahun 2008 (7-0) atau SEA Games 1995 (10-0).

Secara ranking FIFA pun Timnas Kamboja hanya bisa berkutat di urutan 100 besar, dengan penampilan terbaik mereka di posisi 153.

Namun secara bertahap, federasi sepak bola Kamboja mulai melakukan pembenahan dan meningkatkan kualitas skuat mereka.

Baca Juga

Salah satu cara instan yang coba dilakukan Kamboja agar timnas mereka bisa bersaing adalah dengan naturalisasi sejumlah pemain asing dari kompetisi domestiknya.

Dari pantauan INDOSPORT, sejauh ini sudah ada enam pemain keturunan yang telah memperkuat Timnas Kamboja.

Lini depan Timnas Kamboja bahkan bakal semakin tajam setelah mereka resmi merampungkan proses naturalisasi Privat Mbarga.

Sebelum memperkuat Bali United, karier winger asal Kamerun ini memang terbilang sangat bersinar di Liga Kamboja.

Baca Juga

1. Para Bintang Naturalisasi Kamboja

Selebrasi Pemain Timnas Kamboja

Pemain Kamerun ini menjadi salah satu pemain asing tersukses di Kamboja, bahkan Privat Mbarga mampu dua kali menyabet gelar top skor pada musim 2019 dan 2020.

Setelah itu pada tahun 2021, Privat Mbarga berhasil menyabet gelar pemain terbaik Liga Kamboja 2021 dan mencetak 21 gol sepanjang musim.

Baca Juga

Sebelum Privat Mbarga, FFC atau federasi sepak bola Kamboja telah merampungkan proses naturalisasi lima pemain lain buat timnas mereka.

Para pemain tersebut adalah Yudai Ogawa, Dani Kouch, Boris Kok, Thierry Bin dan Nick Taylor. Khusus tiga nama terakhir, mereka dinaturalisasi lantaran punya garis keturunan Kamboja.

Sedangkan Yudai Ogawa dan Dani Kouch mendapat kewarganegaraan Kamboja setelah habiskan lima tahun lebih bermain di Cambodian Premier League.

Melihat dari trek rekornya, para pemain yang dinaturalisasi Kamboja terbilang cukup berkelas dan bisa jadi ancaman serius buat lawan-lawan di kawasan ASEAN.

Baca Juga

Selain Privat Mbarga yang sudah terbukti kualitasnya di Liga 1, ada Yudai Ogawa yang tampil tak tergantikan di lini tengah Phnom Penh Crown sejak tahun 2021 lalu.

Kehadiran pemain asal Jepang tersebut membantu klub menjuarai Cambodian Premier League, Cambodian Super Cup serta Cambodian League Cup secara beruntun dari 2001 hingga 2023.

Sedangkan Dani Kouch merupakan gelandang kelahiran Prancis yang punya kecepatan serta akurasi umpan yang sukses membantu Nagaworld juara Cambodian League tahun 2018.

Kemampuan tiga pemain keturunan di skuat Kamboja saat ini juga tidak bisa dianggap enteng. Salah satunya adalah Nick Taylor, wingback serba bisa berdarah Amerika ini sudah mampu cetak satu gol dari total 7 pertandingan bersama Timnas Kamboja.

Lantas dengan kehadiran para pemain naturalisasi tersebut, mampukah Kamboja bersaing dan jadi batu sandungan tim-tim ASEAN di Piala AFF mendatang? Menarik dinantikan.

Baca Juga
KambojaNaturalisasiPrivat Mbarga

Berita Terkini