x

Nabil Asyura Bongkar Misi Terselubung Timnas Indonesia U-17 'Kalah' di Jerman

Jumat, 20 Oktober 2023 19:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Muhammad Nabil Asyura di Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Rabu (03/08/22).

INDOSPORT.COM - Striker andalan Timnas Indonesia U-17, Nabil Asyura bongkar misi terselubung sehingga Garuda Muda tidak menyesali kekalahan mereka saat uji coba di Jerman.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-17 besutan Bima Sakti menggelar pemusatan latihan di Jerman, sebagai persiapan akhir menghadapi Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Dalam pemusatan latihan tersebut, Timnas Indonesia U-17 menghadapi laga uji coba dengan sejumlah tim lokal Jerman.

Sejauh ini Timnas Indonesia U-17 telah melakukan enam kali uji coba di Jerman. Dari semua laga itu, Garuda Muda meraih dua kali menang, satu kali imbang dan tiga kekalahan.

Nabil Asyura dkk menang dengan skor 1-0 melawan SC Paderborn U-17 dan U-19, lalu menang 2-1 saat melawan VFL Osnabruerck U-19.

Sementara kekalahan Timnas U-17 saat melawan TSV Meerbusch U-17 dengan skor 0-1, lalu kalah dari Eintracht Frankfurt U-19 dengan skor 0-3, dan dijegal Mainz U-19 di angka 0-3.

Baca Juga

Pada laga terakhir, Timnas Indonesia U-17 bermain imbang 1-1 kontra SV Meppen U-17, pada partai uji coba yang digelar di lapangan SV Hemsen, Meppen, Jerman, Selasa malam.

Timnas kebobolan di menit ke-80. Lalu, memasuki menit ke-90, pemain diaspora Amar Rayhan Brkic bisa menyamakan kedudukan, laga pun berakhir imbang 1-1.

Berdasarkan keterangan PSSI, Garuda Muda masih akan melakukan laga uji coba terakhir di Jerman, melawan FC Koln, sebelum tim kembali ke Tanah Air.

Ketum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa Timnas Indonesia U-17 akan tiba di Tanah Air, dua minggu sebelum Piala Dunia U-17 dimulai. Kick off akan digelar pada 10 November 2023.

Baca Juga

1. Misi Timnas Indonesia U-17 di Jerman

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman. (Foto: PSSI)

Meski laga uji coba Timnas Indonesia U-17 didominasi kekalahan, tetapi Nabil Asyura mengaku tidak menyesalinya, karena misi utamanya bukanlah mencari kemenangan.

Pemain jebolan Garuda Select itu mengaku misi sebenarnya Timnas Indonesia U-17 ialah berlatih menghadapi pemain berpostur tinggi dan besar khas Eropa, serta latihan strategi.

Baca Juga

"Berbicara materi latihan, kami menjadi lebih tahu bagaimana bermain melakukan build up. Untuk individu, saya banyak belajar mengenai penempatan posisi," ungkap Nabil Asyura.

"Apa yang sudah didapat di Garuda Select mungkin dilengkapi dengan apa yang saya dapatkan di Jerman sekarang," imbuhnya.

"Mungkin karena sama-sama di Eropa, beberapa materi latihan yang didapat hampir sama dengan latihan di Garuda Select, salah satunya latihan set piece yang sedikit ada kesamaan."

"Selain itu, cara bermainnya juga cukup sama, jadi sedikit membantu saya dalam adaptasi materi latihan di Jerman," lanjut Nabil.

Baca Juga

"Kami sudah beberapa kali uji tanding di sini. Hasil skor mungkin tidak penting, karena kami di sini mencari ilmu dan belajar menghadapi pemain Eropa yang mempunyai fisik lebih besar."

"Selain itu, kami juga belajar bagaimana menghadapi tim Eropa yang memiliki cara bermain yang berbeda-beda," ucap striker kelahiran 2 Juli 2006 itu.

"Semua ini penting bagi kami untuk bisa membawa Indonesia berprestasi di Piala Dunia nanti," pungkasnya.

Dengan persiapan ini, besar kemungkinan skuat Timnas Indonesia U-17 yang bermain di Piala Dunia U-17, diambil dari para penggawa yang sudah mengikuti TC di Jerman tersebut.

Baca Juga
Timnas U-17Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Berita Timnas IndonesiaNabil AsyuraTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini