x

Mengingat Kembali 3 Kemenangan Terbesar Juventus atas AC Milan: Ada Hujan 10 Gol

Minggu, 22 Oktober 2023 11:49 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Aksi Brahim Diaz saat berduel dengan Alex Sandro dan Arkadiusz Milik dalam pertandingan Liga Italia antara AC Milan vs Juventus

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga Italia (Serie A) 2023-2024 akan menghadirkan big match antara AC Milan vs Juventus yang digelar di San Siro, Senin (23/10/23) pukul 01.45 dini hari WIB.

AC Milan saat ini tengah bercokol di posisi kedua klasemen sementara dengan torehan 21 poin dari 8 laga. Sedangkan Juventus ada di peringkat ke-3 dengan 17 poin dengan jumlah laga yang sama.

Baca Juga

Bila menang di kandang, pasukan Stefano Pioli bisa kembali ke posisi puncak Liga Italia. Posisi mereka baru saja digusur oleh Inter Milan yang baru saja menang 3-0 atas Torino.

Kemudian bila Juventus menang di San Siro, mereka masih tertahan di urutan ketiga karena tambahan tiga poin belum mampu untuk menyalip AC Milan.

Si Nyonya Tua memang kesulitan menghadapi tim elite pada musim ini. Mereka baru bisa menang melawan Lazio dan bermain imbang dengan Atalanta.

Namun, torehan tiga kemenangan dalam lima pertandingan terakhir kiranya cukup menjadi bukti, bila skuat besutan Massimiliano Allegri pantang diremehkan.

Mereka bisa saja mempermalukan Rossoneri di San Siro. Apalagi Stefano Pioli dilaporkan tengah menghadapi krisis pemain jelang big match dini hari nanti.

Melansir dari Transfermakt, diketahui ada enam pemain yang berpotensi besar tak bisa tampil memperkuat AC Milan saat hadapi Juventus.

Mereka adalah Mike Maignan, Marco Sportiello, Theo Hernandez, Mattia Caldara, Ismael Bennacer, Ruben Loftus-Cheek, serta Samuel Chukwueze.

Khusus untuk Mike Maignan dan Theo Hernandez, dua pemain Prancis ini tak bisa bertanding lantaran mendapat hukuman kartu di pekan lalu. Sedangkan pemain lain absen karena cedera.

Dalam sejarah kompetisi Liga Italia (Serie A), AC Milan dan Juventus tercatat pernah bertemu sebanyak 176 kali sejak 28 April 1901 silam.

Baca Juga

Pertemuan antara Juventus dan Milan sering dianggap mirip dengan Derby d'Italia sebagai cerminan persaingan, baik secara politik maupun ekonomi, yang membelah Kota Milan dan Turin.

Dalam rekor pertemuan, AC Milan tercatat menang 53 kali, imbang 56 kali dan kalah dari Juventus sebanyak 67 kali.

Dari 67 kekalahan, AC Milan tercatat pernah tiga kali menelan kekalahan paling memalukan dari Juventus. Berikut rangkumannya:

Baca Juga

1. Juventus Bantai AC Milan 8-2

Prediksi Pertandingan antara AC Milan vs Juventus (Liga Italia).

Kejadian memalukan tersebut terjadi pada musim kompetisi 1926–1927, pada saat itu Liga Italia masih bernama Divisione Nazionale dan diikuti 20 tim yang terbagi kedalam dua grup yakni A dan B.

Grup A dihuni Juventus, Internazionale, Genoa, Casale, Pro Vercelli dan beberapa tim lain. Sedangkan di Grup B diisi Torino, Milan, Bologna, Alessandria, Livorno dan tim lainnya.

Baca Juga

Juventus, Internazionale Milan dan Genoa berhasil finis di peringkat tiga besar, dan kembali menjalani kompetisi dengan tiga tim teratas dari Grup B yang diwakilkan Torino, AC Milan, dan Bologna.

Dalam kompetisi untuk memperebutkan gelar Liga Italia sekaligus jatah tampil di Eropa itu, enam tim memainkan masing-masing dua laga dengan sistem home dan away.

Di Pertandingan kandang antara Juventus vs AC Milan, Si Nyonya Tua berhasil melumat AC Milan dengan skor telak 8–2. Sampai sekarang jumlah 10 gol tersebut menjadi jumlah gol terbanyak dalam sejarah pertemuan kedua tim.

AC Milan Pernah Kena Bantai Setengah Lusin Gol Tanpa Balas

Juventus pernah menghabisi AC Milan kala bermain di Stadio di Corso Marsiglia pada Prima Divisione, Minggu (25/10/1925) silam.

Pada musim 1925-1926 silam, Si Nyonya Tua berhasil menghempaskan Rossoneri dengan skor telak setengah lusin gol tanpa balas alias 6-0.

Keenam gol tersebut dicetak lewat aksi Pietro Pastore, dan Ferenc Hires yang masing-masing mencetak brace. Sementara dua sisanya disumbangkan oleh Giuseppe Viola dan Giuseppe Torrianila.

AC Milan Kena Hajar 1-6

Baca Juga

Pertandingan ini menjadi salah satu yang paling menyakitkan bagi AC Milan sepanjang sejarah mereka bersua Juventus. Rossoneri secara mengejutkan menyerah 1-6 atas tim asal Kota Turin tersebut di Liga Italia musim 1995-1997.

Padahal AC Milan saat itu menurunkan pemain-pemain pilarnya pada laga tersebut. Nama seperti Paolo Maldini, Marcel Desailly, Zvonimir Boban, Franco Baresi hingga Christope Dugarry turut dimainkan sejak menit pertama.

Namun mereka gagal mengimbangi permainan yang diperlihatkan Zinedine Zidane dan kawan-kawan. Juventus tampil terlalu perkasa hingga membuat AC Milan hanya mampu menciptakan satu gol hiburan pada laga ini lewat Marco Simone.

Baca Juga
Serie A ItaliaAC MilanJuventusLiga Italia

Berita Terkini