x

Kurang Dana! 4 Bintang Chelsea yang Harus Dijual untuk Biayai Kedatangan Alessandro Bastoni

Kamis, 26 Oktober 2023 04:25 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Chelsea Mykhailo Mudryk usai mencetak gol kedua ke gawang Arsenal bersama rekan setimnya Enzo Fernandez dan Malo Gusto pada laga Liga Inggris. (Foto: REUTERS/David Klein)

INDOSPORT.COM - Keinginan klub Liga Inggris, Chelsea untuk mendatangkan bek Inter Milan, Alessandro Bastoni membuat mereka harus menjual beberapa pemain bintang lamanya untuk menambah biaya transfer.

Jendela bursa transfer sepak bola Eropa memang saat ini sedang ditutup, tetapi banyak tim yang sudah mulai pergerakan untuk memantau pemain incarannya, sekaligus melakukan lobi-lobi.

Baca Juga

Dilaporkan oleh media-media ternama Italia, Chelsea saat ini tengah beradu sikut dengan Manchester City untuk mendapatkan jasa Alessandro Bastoni.

Bek Inter Milan itu menjadi perebutan kedua tim seiring penampilan konsistennya selama berseragam klub berjuluk Nerazzurri itu.

Meski tampil konsisten, kondisi keuangan Inter memaksa mereka untuk menjual Bastoni demi bisa mendatangkan pemain baru lainnya.

Disebutkan bahwa Inter mematok harga 60 juta poundsterling atau setara Rp1,1 triliun bagi peminat bek berusia 24 tahun tersebut.

Baca Juga

Sontak adanya kabar ini membuat Chelsea dan Man City langsung masuk dalam perburuannya. Nama pertama bahkan dikabarkan siap membuka negosiasi.

Pasalnya, Chelsea membutuhkan bek baru untuk lini belakangnya demi menambah solid, agar bisa finis di posisi terbaik di klasemen akhir Liga Inggris nanti.

Saat ini Chelsea berada di peringkat ke-10 dengan koleksi 12 poin. Pencapaian yang kurang baik mengingat mereka sudah mengeluarkan dana besar, untuk mendatangkan sejumlah pemain bintang berkualitas.

Untuk mendatangkan Alessandro Bastoni, Chelsea harus menjual beberapa pemain bintangnya untuk menambah biaya pembelian sang pemain, agar tak terkena sanksi Financial Fair Play (FFP). Lantas siapa saja yang layak dijual?

Baca Juga

1. Wesley Fofana

Wesley Fofana saat laga Liga Inggris antara Crystal Palace vs Chelsea. (Reuters/Hannah Mckay)

Wesley Fofana jadi pemain mahal lain yang didatangkan Chelsea dengan mahar sangat fantastis.

Tak tanggung-tanggung, The Blues rela menggelontorkan dana mencapai 75 juta euro untuk bisa membawa Wesley Fofana dari Leicester City.

Baca Juga

Akan tetapi, penampilan Wesley Fofana sangat jauh berbanding terbalik dengan harga mahal yang diberikan Chelsea.

Bahkan di awal kedatangannya, Wesley Fofana sudah absen 15 pekan lantaran cedera. Di musim ini pun ia kembali menepi karena cedera dan belum memainkan pertandingan satupun.

Bek berpaspor Prancis itu saat ini memiliki nilai pasar sebesar 40 juta euro. Turun hampir setengahnya dari harga beli Chelsea dari Leicester City, sebesar 80 juta euro.

Marc Cucurella

Pertama adalah Marc Cucurella. Pemain asal Spanyol ini gagal membuktikan kualitasnya setelah hengkang ke Chelsea pada musim 22/23 lalu.

Baca Juga

Didatangkan dengan mahar 62 juta euro, Marc Cucurella malah hampir mau dilepas Chelsea ke Manchester United di bursa transfer musim panas kemarin.

Hal itu karena Cucurella tak bisa menampilkan performa terbaiknya di Chelsea. Total ia telah memainkan 38 pertandingan dan membuat 2 assist.

Sayangnya, jumlah pertandingan yang ia mainkan mayoritas dimulai dari bangku cadangan. Artinya Marc Cucurella bukanlah pilihan utama untuk pelatih.

Musim ini saja, ia baru memainkan dua pertandingan selama 90 menit, itu juga terjadi di ajang Piala Liga Inggris.

Masa depannya di Stamford Bridge tak menentu, sehingga peluang untuk pergi dengan mahar 28 juta euro bagi klub yang berminat kepadanya.

Baca Juga

Trevoh Chalobah

Selanjutnya ada Trevoh Chalobah. Bek berusia 24 tahun ini mulai kehilangan tempat utamanya sejak musim lalu.

Padahal ia pernah jadi andalan saat masih dilatih Frank Lampard, untuk diorbitkan jadi bek tangguh jangka panjang.

Musim lalu saja ia menorehkan 34 pertandingan saat masih dilatih Graham Potter dan Lampard. Namun kedatangan Pochettino bikin menit bermainnya tergerus.

Sepanjang musim ini, Trevoh Chalobah belum pernah torehkan satu pertandingan pun buat Chelsea. 

Trevoh Chalobah kalah bersaing dengan bek-bek tangguh baru yang datang ke Chelsea seperti Axel Disasi, hingga seniornya Thiago Silva.

Jadi ketimbang Chelsea hanya bisa menjadi beban keuangan klub, ada baiknya mereka melepas Trevoh Chalobah musim dingin nanti dengan nilai keuntungan ditaksir sebesar 18 juta euro.

ChelseaLiga InggrisAlessandro Bastoni

Berita Terkini