x

12 Bintang Naturalisasi yang Bantu Thailand Rajai ASEAN: Full Jebolan Eropa

Senin, 30 Oktober 2023 15:17 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi pemain Thailand melawan Vietnam

INDOSPORT.COM – Intip deretan pemain naturalisasi yang pernah serta masih memperkuat Timnas Thailand sampai sekarang dan membantu mereka menjuarai Piala AFF dalam beberapa edisi terakhir.

Dalam sejarahnya, Timnas Thailand memang dikenal sebagai salah satu tim yang paling tangguh di kawasan ASEAN dan sering kali sulitkan skuat Garuda saat kedua tim bertemu.

Baca Juga

Berbicara soal prestasi, Thailand sampai saat ini masih berstatus sebagai pemegang gelar juara Piala AFF terbanyak dengan 7 trofi.

Angka tersebut mengungguli Singapura yang baru torehkan empat gelar pada tahun 1998, 2004, 2007 serta 2012.

Selain di kawasan ASEAN, penampilan Thailand pada level Asia pun layak diacungi jempol lantaran mereka sudah 7 kali mentas di Piala Asia.

Thailand bahkan sempat finish di peringkat tiga pada Piala Asia 1972 silam, serta lolos babak 16 besar di Piala Asia 2019 lalu.

Baca Juga

Dianggap punya materi pemain lokal yang tangguh, namun ternyata Timnas Thailand sempat diperkuat beberapa bintang naturalisasi untuk membantu mereka juara.

Sampai saat ini, tercatat ada 12 pemain naturalisasi yang pernah dan masih menjadi bagian dalam skuat Timnas Thailand.

Lantas siapa sajakah mereka? Untuk mengetahuinya berikut INDOSPORT merangkum serta mengulas:

Jamie Waite
Nama pertama adalah Jamie Waite. Jika dilihat dari tanggal bergabungnya, kemungkinan besar pemain kelahiran Plymouth, Inggris ini adalah era naturalisasi pertama di Timnas Thailand.

Tercatat, jebolan akademi Fulham ini melakukan debut buat Timnas Thailand pada 2002 silam saat usianya masih 15 tahun.

Meski lahir di Inggris, namun Jamie Waite punya garis keturunan Thailand dari sang Ibu dan membuatnya bisa memperkuat skuat Changsuek.

Baca Juga

1. Manuel Bihr

Pemain naturalisasai Thailand, Manuel Bihr.

Bek kelahiran Jerman ini jadi salah satu pilar penting Timnas Thailand pada periode 2017 hingga 2022. Selama memperkuat timnas, Manuel Bihr berhasil membantu Thailand juara Piala 2020.

Manuel Bihr yang sempat mentas bersama 1. FC Nürnberg ini, diketahui punya darah Thailan dari sang Ibu yang lahir di Chiang Mai.

Baca Juga

Charyl Chappuis
Sempat rasakan kerasnya kompetisi Liga Swiss bersama FC Lugano, Charyl Yannis Chappuis yang punya darah Thailand dari sang Ibu, resmi dinaturalisasi dan gabung skuat Gajah Perang tahun 2013 silam.

Selama memperkuat Timnas Thailand, peraih gelar juara Piala Dunia U-17 bersama Swiss ini berhasil membantu The War Elephants dua kali angkat trofi AFF tahun 2014 dan 2016.

Mika Chunuonsee
Mika Chunuonsee merupakan salah satu pemain muda potensial Wales dan sempat berada satu tim dengan sejumlah bintang seperti Gareth Bale, Aaron Ramsey dan Chris Gunter di skuat Wales U-17.

Baca Juga

Namun dengan darah Thailand dari sang Ayah, membuat Mika Chunuonsee bisa memperkuat Timnas Thailand dan melakukan debut di skuat senior pada tahun 2015.

Walau belum mebawa Thailand juara Piala AFF, namun bek 34 tahun ini sempat mempersembahkan gelar King's Cup tahun 2016 silam.

Kevin Deeromram
Pemain kelahiran Stockholm, Swedia ini merupakan salah satu pilar penting di Timnas Thailand saat meraih medali emas di Sea Games 2017.

Di level timnas senior, bek sayap berusia 26 tahun ini sudah torehkan tiga pertandingan sejak pertama kali debut pada 2017 lalu.

Baca Juga

2. Elias Dolah

Bek Timnas Thailand, Elias Dolah, resmi diperkenalkan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (6/6/23). (Foto: MO Bali United)

Dengan postur mencapai 196 cm, Elias Dolah langsung jadi sosok sentral di pertahanan Timnas Thailand dan sejauh ini sudah membuat 11 pertandingan sejak debut tahun 2019 lalu.

Elias Dolah yang lahir di Swedia tersebut, turut membantu Timnas Thailand menjuarai Piala AFF tahun 2020 setelah Indonesia di partai final.

Ernesto Amantegui Phumipha
Jika nama sebelumnya dinaturalisasi karena memiliki darah keturunan, namun Ernesto Amantegui Phumipha resmi jadi warga negara Thailand lantaran lama berkompetisi di Thai League.

Tercatat, mantan penggawa Sporting Gijon B tersebut tampil di kasta teratas Thailand pada tahun 2013 dan belum pernah hengkang ke luar negeri hingga saat ini.

Ernesto Amantegui Phumipha resmi mendapat panggilan perdana di Timnas Thailand pada 2021 dan telah torehkan tiga caps.

Philip Roller
Winger kelahiran Munich ini punya garis keturunan Thailand dari sang Ibu, sehingga ia bisa memperkuat Timnas Thailand sejak tahun 2017 lalu.

Selama memperkuat Thailand, Philip Roller sudah torehkan 17 caps dan mencetak dua gol serta membantu skuat Changsuek juara Piala AFF 2020.

Pemain bertahan Timnas Thailand, Philip Roller.

Naturalisasi Baru Thailand di 2023
Sepanjang tahun 2023 ini, langkah mengejutkan dilakukan federasi sepak bola Thailand dengan memanggil empat pemain keturunan untuk memperkuat skuat mereka.

Kelima pemain tersebut adalah James Beresford (Inggris), Chakkit Laptrakul (Prancis), Nicholas Mickelson (Norwegia) serta Athit Berg (Norwegia).

Dari nama diatas, semuanya sudah torehkan caps buat Timnas Thailand senior dengan penampilan terbanyak dicatatkan Nicholas Mickelson yakni 6 laga serta satu gol.

ThailandNaturalisasiTimnas Thailand

Berita Terkini