x

Efek Domino Stefano Pioli Out dari AC Milan: Bisa Bikin Juventus dan Inter Kesal

Senin, 30 Oktober 2023 17:04 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Stefano Pioli saat laga Liga Italia antara AC Milan vs Inter Milan

INDOSPORT.COM – Melihat hal yang mungkin bakal terjadi jika AC Milan benar-benar mendepak Stefano Pioli sebagai pelatih. Dua tim rival yakni Inter dan Juventus bisa kena imbas.

Dalam beberapa waktu terakhir, isu soal pemecatan Pioli dari jabatannya sebagai pelatih kepala AC Milan memang sedang berhembus kencang.

Baca Juga

Apalagi AC Milan belum pernah menang dari total tiga pertandingan terakhir mereka. Teranyar, Rafael Leao cs hanya bisa bermain imbang 2-2 kontra Napoli.

Padahal saat bertandang ke markas Napoli tadi malam, AC Milan sempat unggul 0-2 hingga babak pertama berakhir. Namun malah kebobolan dua gol di babak kedua.

Dengan hasil tersebut, AC Milan yang sempat rasakan capolista kini harus melorot di urutan ketiga klasemen Liga Italia dengan jarak tiga poin dari Inter Milan sebagai pemuncak.

Tak cuma di ajang domestik, penampilan buruk AC Milan juga menular pada gelaran Liga Champions di mana mereka belum sekalipun menang dari total tiga pertandingan penyisihan grup.

Baca Juga

Parahnya lagi, AC Milan tak bisa mencetak satu gol pun dari tiga laga dan harus puas jadi juru kunci Grup F Liga Champions dengan dua angka.

Berbekal hasil negatif tersebut, masa depan Pioli di AC Milan pun mulai dipertanyakan. Apalagi sang pelatih telah dibebani target scudetto jika ingin kontraknya diperpanjang.

Meski belum ada pernyataan resmi dari manajemen terkait pemecatan Pioli, namun beberapa waktu terakhir sudah banyak nama yang dikaitkan sebagai calon pelatih baru Rossoneri.

Salah satu nama yang cukup santer dikabarkan bakal menangani AC Milan adalah Antonio Conte. Mantan allenatore Timnas Italia ini memang masih berstatus menganggur sejak Maret 2023 lalu.

Baca Juga

1. Conte ke AC Milan, Inter dan Juventus Bakal Kesal

Antonio Conte, eks pelatih Tottenham Hotspur. Foto: REUTERS/Paul Childs

Melansir dari laporan Corriere Della Sera pada bulan Maret 2023 silam, AC Milan kabarnya memang merencanakan untuk menggaet Conte sebagai pelatih baru.

Akan tetapi, rencana memboyong Conte masih bergantung pada pencapaian Stefano Pioli hingga akhir kompetisi 22/23.

Baca Juga

Pada saat itu, AC Milan memberikan target kepada Pioli agar membawa Rossoneri finis empat besar alias mendapat jatah lolos ke Liga Champions.

Alhasil, AC Milan sukses tembus empat besar setelah Juventus mendapat pengurangan 10 poin akibat skandal Plusvalenza, dan Pioli pun masih menjabat sebagai pelatih Rossoneri.

Kini dengan performa yang tak terlalu apik, sepertinya manajemen AC Milan bakal coba mewujudkan kembali niatnya yakni merekrut Antonio Conte sebagai pengganti Pioli.

Berbicara soal prestasi, jelas apa yang diraih Conte jauh lebih mentereng ketimbang Pioli dan bakal membuat AC Milan naik kelas di Liga Italia.

Baca Juga

Tercatat, Conte pernah empat kali memenangkan scudetto serta sekali mencapai babak final Europa League.

Dengan prestasi tersebut, bisa diprediksi bakal seperti apa kemajuan AC Milan andai resmi mendapatkan tanda tangan Antonio Conte.

Jika benar Conte ke AC Milan, maka bakal membuat dua tim besar di Liga Italia sakit hati, yakni Inter Milan dan Juventus.

Dua tim diatas merupakan mantan klub yang sempat sukses di bawah arahan Conte, bahkan Inter Milan berhasil akhiri puasa gelar ketika dilatih sang allenatore tahun 2021 lalu.

Tak hanya mantan pelatih yang pernah torehkan tinta emas, baik Inter Milan dan Juventus juga sama-sama menginginkan Conte kembali ke pelukan mereka.

Juventus sepertinya sudah tak tahan lagi dengan Allegri yang belum berikan gelar juara. Sementara Inter ingin kembali mengulang sejarah manis mereka saat rajai Liga Italia bersama Conte.

Baca Juga

2. Pioli ke Klub KW AC Milan?

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli. Foto: REUTERS/Daniele Mascolo.

Andai resmi tinggalkan AC Milan, akan muncul pertanyaan kemana klub pelabuhan berikutnya dari Stefano Pioli.

Dengan bekal scudetto yang diraih bersama AC Milan, sepertinya tak akan sulit buat Pioli mendapatkan klub baru khususnya di kawasan Italia.

Dari sekian banyak tim, sepertinya AC Monza punya peluang cukup besar untuk mendatangkan Pioli.

Pasalnya, AC Monza cukup gemar mencomot para buangan AC Milan. Di musim ini saja ada dua eks AC Milan yang memperkuat AC Monza yakni Lorenzo Colombo dan Matteo Pessina.

Sedangkan di musim lalu, AC Monza dilatih Giovanni Stroppa yang merupakan bintang Rossoneri era 90-an.

Berkaca dari kedekatan tersebut, tak menutup kemungkinan jika Pioli akan hengkang ke AC Monza, apalagi rapor penampilan mereka sepanjang musim 23/24 ini tidak terlalu apik.

Total dari 11 pertandingan yang dijalani di Liga Italia, anak asuh Raffaele Palladino tersebut baru tiga kali menang dan telan empat kekalahan.

Bursa TransferAC MilanInter MilanJuventusStefano PioliLiga ItaliaBerita Transfer

Berita Terkini