x

Presiden FIFA Gianni Infantino Umumkan Arab Saudi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Rabu, 1 November 2023 22:05 WIB
Editor: Juni Adi
Presiden FIFA, Gianni Infantino saat memberikan sambutan di kongres tahunan FIFA.

INDOSPORT.COM - Presiden FIFA, Gianni Infantino mengumumkan Arab Saudi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 mendatang.

Presiden FIFA Gianni Infantino dalam unggahan akun instagramnya pada Selasa mengumumkan Arab Saudi akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Baca Juga

"Pertunjukan terbesar di bumi (Piala Dunia) akan diselenggarakan di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat pada 2026 di Amerika Utara.

"Dua edisi FIFA World Cup berikutnya akan diselenggarakan di Afrika (Maroko) dan Eropa (Portugal dan Spanyol).

"Serta tiga pertandingan perayaan dimainkan di Amerika Selatan (Argentina, Paraguay dan Uruguay) pada 2030 dan Asia (Arab Saudi) pada tahun 2034," tulis Gianni Infantino.

Arab Saudi menjadi kandidat tunggal sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 setelah Australia membatalkan pencalonan diri sebagai tuan rumah.

Baca Juga

"Proses penawaran (tuan rumah) disetujui melalui konsensus oleh Dewan FIFA – di mana keenam konfederasi diwakili – setelah dialog konstruktif dan konsultasi ekstensif.

"Terima kasih kepada semua orang yang telah berpartisipasi dalam pertukaran positif ini," kata Infantino.

Sebelumnya, FIFA telah membuka tawaran bagi wilayah Asia dan Oseania untuk hak tuan rumah Piala Dunia bergilir setelah menunjuk Maroko, Spanyol, dan Portugal sebagai tuan rumah bersama untuk tahun 2030.

Indonesia pun menjajaki peluang untuk maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034.

Salah satu kemungkinannya, yaitu menjadi tuan rumah bersama antara dua negara, yaitu Australia dan Arab Saudi.

Baca Juga

1. Indonesia Mundura

Ketum PSSI, Erick Thohir saat menyaksikan official training Timnas Indonesia jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23).

Namun, kemudian, Indonesia melalui Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan dukungannya bagi Arab Saudi untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah.

Dengan pemberitahuan yang diumumkan oleh Presiden FIFA Gianni Infantino mengenai Arab Saudi sebagai tuan rumah

Piala Dunia 2034, maka benua Asia untuk kali ketiga akan menyelenggarakan Piala Dunia. Setelah sebelumnya diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang pada tahun 2002 serta di Qatar pada tahun 2022.

Gagalnya Indonesia ikut bidding Piala Dunia tidak terlepas dari mundurnya Australia dari pencalonan. Sebab hanya Negeri Kanguru yang bisa digandeng oleh Indonesia untuk jadi tuan rumah bersama.

"Kami telah menjajaki peluang untuk mengajukan penawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA dan - setelah mempertimbangkan semua faktor - kami telah mencapai kesimpulan untuk tidak melakukannya untuk 2034," demikian bunyi pernyataan FA Australia.

"Sebaliknya, kami yakin kami berada dalam posisi yang kuat untuk menjadi tuan rumah kompetisi internasional wanita tertua di dunia, Piala Asia Wanita AFC 2026, dan kemudian menyambut tim-tim terhebat dalam sepakbola dunia untuk Piala Dunia Antarklub FIFA 2029."

Arab Saudi sebelumnya bercita-cita menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 bersama Mesir dan Yunani. Namun, FIFA mengumumkan bahwa edisi ke-100 itu akan diselenggarakan Portugal, Spanyol, dan Maroko.

Dengan pertandingan masing-masing di Uruguay, Paraguay, serta Argentina untuk menjadikannya sebuah fenomena secara global dengan jejaknya yang tersebar di tiga benua.
 

FIFAPiala DuniaArab SaudiSemen GresikGianni Infantino

Berita Terkini