x

Pepe Reina Ngebet Mudik Jadi Pelatih Baru Liverpool, Gantikan Jurgen Klopp?

Minggu, 5 November 2023 02:07 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Kiper Villarreal, Pepe Reina, blak-blakan ingin kembali ke klub Liga Inggris, Liverpool, sebagai pelatih. Akankah dirinya jadi pengganti Jurgen Klopp?

INDOSPORT.COM - Kiper Villarreal, Pepe Reina, blak-blakan ingin kembali ke klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, sebagai pelatih. Akankah dirinya jadi pengganti Jurgen Klopp?

Pepe Reina sudah menjadi salah satu sosok yang lekat dengan klub Liverpool. Sebab, dirinya sudah mengabdi bersama The Reds dari 2005-2014.

Baca Juga

Ternyata, pengalamannya selama bersama klub tersebut juga tidak mudah dilupakan. Bahkan, Reina berambisi ingin kembali ke Anfield sebagai pelatih.

"Saya pernah berseragam The Reds, saya akan selalu 'berwarna merah'. Ada beberapa klub yang meninggalkan kesan di hati dan jiwa Anda," ujar pemain yang juga pernah membela AC Milan itu, dilansir dari Tribal Football.

"Saya selalu bersyukur atas Liverpool dalam konteks klub dan kotanya. Orang-orang di sana juga membuat saya kagum. (Liverpoo) menjadi momen terbaik dalam karier saya."

"Sekarang, saya harus memikirkan kehidupan saya setelah bermain (pensiun). Mungkin, suatu hari saya akan kembali ke Anfield sebagai pelatih."

Baca Juga

"Sepak bola memang merupakan hal yang paling saya sukai. Semoga di Januari, saya bisa mendapat Lisensi B. Jadi, kalau besok saya memutuskan untuk pensiun, saya bisa langsung jadi manajer."

"Saya bisa jadi pelatih di Akademi atau sekadar asisten. Saya ingin jadi pelatih, tapi bukan pelatih kiper," pungkas penjaga gawang berumur 41 tahun itu.

Dari komentarnya itu, jelas Pepe Reina tidak ingin hanya sekadar menjadi pelatih kiper, tapi pelatih kepala yang mengepalai staf pelatih lainnya.

Meski demikian, ia tidak punya rencana untuk menggusur posisi Jurgen Klopp. Dengan karier yang masih baru dalam kepelatihan, Reina mengincar kursi di tim akademi.

Baca Juga

1. Punya Segudang Pengalaman

Pepe Reina saat membela Lazio.

Pepe Reina tercatat pernah membela delapan klub, yakni Barcelona, Villarreal, Liverpool, Napoli, Bayern Munchen, AC Milan, Aston Villa, dan Lazio.

Liverpool menjadi karier terpanjangnya dalam sejarah penampilannya bersama tim senior dengan total 394 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga

Napoli dan Villarreal berada di urutan ke-2 sebagai tim yang ia bela dalam jangka panjang, dengan total 182 penampilan di masing-masing klub.

Sementara itu, Bayern Munchen menjadi pelabuhan Reina yang paling memprihatinkan. Sebab, ia hanya dimainkan tiga kali saja bersama mereka.

Reina juga mendapat penghargaan paling banyak saat membela Liverpool. Ia pernah mengantarkan mereka juara Carabao Cup 2011/12, UEFA Super Cup 2005, dan lain-lain.

Meski kala itu performa The Reds sedang bagus, tapi Reina belum pernah merasakan gelar juara Premier League bersama mereka.

Baca Juga

Kemudian saat bersama Napoli, Reina juga pernah merasakan juara Coppa Italia 2013/14. Bersama Munchen, ia pun menjuarai Bundesliga Jerman 2014/15.

Reina juga menjadi andalan bersama Timnas Spanyol. Bersama mereka, ia berhasil mendapatkan juara Piala Dunia 2010, Kejuaraan Eropa UEFA 2008 dan 2012.

Untuk penghargaan pribadi, Pepe Reina juga pernah mendapatkan penghargaan Golden Glove tiga kali dan Pemain Terbaik Liverpool 2009/10.

Baca Juga
LiverpoolPepe ReinaJurgen KloppVillarrealLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini