x

3 Pemain Klub Liga 1 Jateng Bersatu di Timnas Indonesia, Didoakan Sukses di Pra-Piala Dunia

Selasa, 7 November 2023 13:47 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia menjadi ajang bersatunya para pemain dari tim Liga 1 asal Jawa Tengah, Persis Solo dan PSIS Semarang.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia menjadi ajang bersatunya para pemain dari tim Liga 1 asal Jawa Tengah, Persis Solo dan PSIS Semarang.

Mereka yang dipanggil pun diharapkan membantu kesuksesan pra-Piala Dunia 2026 dan memberi pengaruh positif di Liga 1 2023-2024.

Baca Juga

Sebanyak 27 pemain dipanggil Shin Tae-yong menuju dua pertandingan bulan November melawan Irak dan Filipina.

Dari daftar yang dipanggil, satu pemain dari PSIS Semarang dan dua pemain dari Persis Solo.

Pemain dari PSIS adalah Wahyu Prasetyo. Sementara dari Persis Solo ada Muhammad Riyandi dan Ramadhan Sananta. Pemanggilan Riyandi sendiri cukup menarik karena ia sempat absen di tim Garuda.

Riyandi absen lama karena cedera pada bagian lutut dan sempat menjalani operasi. Persis Solo pun bergembira ketika ia dipercaya Shin Tae-yong lagi.

Baca Juga

Riyandi sudah dimainkan Persis Solo dalam beberapa pertandingan di Liga 1. Hasilnya, ia tampil bagus dan membuat gawang timnya menjadi susah ditembus.

Sementara untuk Ramadhan Sananta, ia terus berkembang. Meski dalam dua pertandingan terakhir hanya diturunkan pada babak kedua, ia dipastikan siap tempur bersama Timnas Indonesia.

"Klub turut senang dengan pemanggilan Sananta dan Riyandi," kata Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona.

"Kami berharap, kedua penggawa Laskar Sambernyawa bisa memberikan kontribusi terbaik bagi Garuda dan meningkatkan kepercayaan diri ketika mereka kembali ke Solo," tambahnya.

Baca Juga

1. Wahyu Prasetyo Juga Dipanggil

Pemain PSIS, Wahyu 'Hulk' Prasetyo (tengah) juga dipanggil ke Timnas Indonesia.

Sementara dari PSIS, pemanggilan Wahyu Prasetyo merupakan lanjutan dari dua agenda sebelum ini. Hulk, sapaan akrabnya, sempat dipanggil melawan Turkmenistan dan Brunei Darussalam.

Chief Executive Officer (CEO) PSIS, Yoyok Sukawi, menilai Hulk pantas mendapat pemanggilan dari Shin Tae-yong. Ia bermain konsisten di Liga 1 dan rutin diduetkan dengan bek asal Brasil, Lucas Gama.

Baca Juga

"Saya ikut bangga karena sebagai seorang pemain, puncak kebanggaan tertinggi saat membela negara. Terus berproses dan melakukan improvisasi karena Hulk memang layak untuk mendapat pemanggilan Timnas," tutur Yoyok Sukawi.

Yoyok Sukawi meyakini pemanggilan Hulk tak sekadar membantu Timnas Indonesia, namun juga perjuangan PSIS di Liga 1. Ia bisa belajar banyak dari rekan-rekannya di Timnas Indonesia.

Misalnya, Jordi Amat yang sudah kembali ke Timnas Indonesia setelah sempat absen melawan Brunei Darussalam karena cedera. Jordi sempat berduet dengan Hulk saat melawan Turkmenistan.

"Ambil ilmu sebanyak-banyaknya dan tunjukkan kalau Hulk layak tampil, dan semoga Timnas bisa mendapatkan hasil positif pada dua laga kualifikasi Piala Dunia,” ujar Yoyok Sukawi.

Dari ketiga pemain tersebut, Ramadhan Sananta menjadi pemain yang berpeluang mendapatkan menit bermain melawan Irak dan Filipina. Sananta mencetak tiga gol dalam dua pertandingan melawan Brunei Darussalam.

Sementara untuk posisi penjaga gawang kemungkinan masih menjadi milik Nadeo Argawinata serta dua atau tiga bek tengah dikunci Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Rizky Ridho.

Baca Juga

Partai Pra Piala Dunia 2026 ronde kedua Grup F melawan Irak akan berlangsung di Basra International Stadium, Kamis (16/11/23) dan melawan Filipina di Rizal Memorialnya Stadium, Selasa (21/11/23).

Ramadhan Sananta dan Muhammad Riyandi akan berangkat ke Jakarta setelah Persis Solo melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Rabu (8/11/23).

Sementara PSIS akan melawan Persita Tangerang di Stadion Jatidiri, Kamis (9/11/23).  

Sebanyak 27 pemain yang dipanggil Timnas Indonesia akan berkumpul di Jakarta dan kemudian berangkat ke Irak, tanpa berlatih terlebih dahulu di Tanah Air.

Baca Juga
Persis SoloPSIS SemarangTimnas IndonesiaPiala Dunia 2026Muhammad RiyandiBerita Timnas IndonesiaWahyu PrasetyoRamadhan SanantaKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini