x

3 Pemain Filipina yang Jadi Ancaman Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rabu, 8 November 2023 18:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Bek Persib Bandung, Daisuke Sato akan menjadi penggawa Timnas Filipina yang siap mengancam Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

INDOSPORT.COM - Menerka tiga pemain Filipina yang bisa menebar ancaman kepada timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 November mendatang, termasuk sahabat Marc Klok di Persib Bandung.

Tak lama lagi, timnas Indonesia akan melakoni putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada FIFA Matchday bulan November.

Baca Juga

Timnas Indonesia akan terlebih dulu menghadapi Irak di Basra Sport City International Stadium pada 16 November 2023 pukul 21.45 WIB.

Sebuah ujian berat bagi pasukan Shin Tae-yong mengingat Irak berada di level yang tinggi. Irak saat ini berperingkat ke-61 pada ranking FIFA sedangkan Indonesia ada di posisi ke-145.

Setelah itu, Indonesia akan mengunjungi markas Filipina pada 21 November di Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina. Kick-off laga dimulai pukul 19.00 WIB.

Timnas Indonesia berpeluang besar meraih kemenangan. Sebab, Filipina merupakan lawan yang familiar dan Skuat Garuda memiliki keunggulan dari pertemuan terakhir.

Baca Juga

Meski demikian, timnas Indonesia juga perlu mewaspadai kekuatan The Azkals, julukan Filipina, yang memiliki catatan mentereng sejak ditangani Michael Weiss.

Bukan hanya itu, Filipina juga akan diperkuat 26 pemain di mana tujuh diantaranya adalah pemain yang bermain untuk klub di Liga 1 Indonesia, termasuk Daisuke Sato (Persib Bandung), dan Christian Rontini (Persita).

Dari 26 pemain yang dipanggil, ada beberapa pemain Filipina yang harus diantisipasi oleh Shin Tae-yong dan pasukan Timnas Indonesia.

Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT memaparkan tiga pemain Filipina yang berpotensi mengancam timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 nanti:

Baca Juga

1. 1. Neil Etheridge

Neil Etheridge.

Neil Etheridge merupakan kiper senior Timnas Filipina yang dulu pernah mentas di Liga Inggris bersama Cardiff City.

Namun kini, kiper berusia 33 tahun itu membela Birmingham City yang bersaing di kasta kedua atau Divisi Championships 2023/24.

Baca Juga

Meski turun kasta, namun kiper rival Elkan Baggott yang bermain untuk Ipswich Town tersebut tak pernah absen membela The Azkals.

Bahkan, pemain yang juga berperan sebagai kapten ini juga ikut membantu tim dalam laga persahabatan melawan Chinese Taipei pada bulan Juni dan September serta melawan Afghanistan.

Belum lama ini, Neil Etheridge menebar psywar bahwa Filipina akan menciptakan mimpi buruk untuk Timnas Indonesia dan Vietnam saat bentrok di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Saya percaya bahwa saya memiliki kemampuan untuk menginspirasi dan menciptakan kegembiraan bagi seluruh tim ketika menerima pemain Vietnam,” ucap Neil Etheridge.

“Lawan yang tidak asing lagi bagi saya di turnamen internasional. Dengan pengaruh saya dan rekan tim yang kaya dengan pengalaman.”

Baca Juga

2. Daisuke Sato

Daisuke Sato akan menjadi pemain belakang yang siap meredam serangan para pemain depan Timnas Indonesia di pertandingan nanti.

Ketangguhan Daisuke Sato menjaga benteng pertahanan tim dibuktikan selama dirinya membela Persib Bandung pada kompetisi Liga 1 2023/24.

Daisuke Sato bahkan sudah menyatakan ‘perang’ kepada  sahabat sekaligus rekan satu timnya, Marc Klok yang juga membela Timnas Indonesia.

Kesiapan Daisuke Sato untuk menekel gelandang naturalisasi Belanda itu tak lepas dari faktor patriotism mengingat dia harus berjuang demi nama Filipina.

"Kemarin saat melawan Palestina, saya bertanding dengan Mohammed Rashid," ungkap Marc Klok saat ditemui di Stadion GBLA pada Senin (6/11/23).

"Tentu saat bertanding akan sangat berbeda, karena kondisinya kami setiap hari berlatih bersama. Dan saat ada momentum datang, kami harus bertanding sebagai lawan selama 90 menit, Tapi setelah itu, kami berteman lagi," pungkas Daisuke Sato.

Baca Juga

2. 3. Bienve Maranon

Pemain Ceres-Negros Bienvenido Maranon yang menjadi striker andalan Timnas Filipina

Dari sisi lini depan, Filipina memiliki penyerang gaek yang saat ini bermain untuk klub Thailand Chanthaburi FC, yakni Bienve Maranon.

Striker yang sempat tertarik merumput di Indonesia itu pernah bersaing ketat dengan penyerang Persija Jakarta, untuk gelar Top Skor AFC 2018 silam.

Mantan pemain Cadiz ini melalang buana meniti kariernya di sejumlah klub Asia. Di antaranya, Ceres Negros, United City FC, Johor Darul Takzim, sebelum kembali ke Spanyol untuk gabung Villarrubia.

Hanya satu musim di Villarrubia, pemain yang akrab disapa Bienve ini memutuskan bergabung klub Thailand, Chanthaburi pada musim panas 2023 kemarin.

Penampilan Bienve Maranon bersama Chanthaburi di ajang Thai League 2  memang belum menunjukkan tanda-tanda gacor. Dia baru mengemas 2 gol dan 3 assist dalam 11 penampilan.

Meski demikian, Bienve Maranon tetap mampu mencuri hati Michael Weiss untuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Timnas Indonesia dan Vietnam bulan ini. 

FilipinaTimnas IndonesiaNeil EtheridgeBerita Timnas IndonesiaBienvinedo MaranonDaisuke SatoKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini