x

7 Statistik yang Menandakan Man United Sedang Tidak Baik-baik Saja Musim Ini

Jumat, 10 November 2023 13:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Melihat sederet statistik yang menandakan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, sedang tidak baik-baik saja di musim ini.

INDOSPORT.COM – Melihat sederet statistik yang menandakan klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United, sedang tidak baik-baik saja di musim ini.

Awan hitam tampaknya masih belum berpaling dari Manchester United yang baru saja menjadi juru kunci di fase grup Liga Champions 2023/2024.

Baca Juga

Pasukan Erik ten Hag itu tengah terpuruk usai menelan kekalahan memalukan dari wakil Denmark, yakni FC Copenhagen, dengan skor 3-4.

Kekalahan itu memperpanjang inkonsistensi Man United musim ini yang terpuruk di Liga Inggris dan juga Liga Champions 2023/2024.

Bahkan di ajang lainnya, tim berjuluk Setan Merah itu punya catatan miris dengan tersingkir dari ajang Carabao Cup 2023/2024.

Mirisnya, Man United tersingkir dari Carabao Cup dengan status juara bertahan dan disingkirkan oleh lawannya di final musim lalu, Newcastle United.

Baca Juga

Karena sederet performa yang inkonsisten ini, nama Erik ten Hag pun masuk dalam bursa pelatih klub Inggris yang akan dipecat.

Kabar pemecatan ini bahkan berkembang luas seiring banyaknya catatan buruk yang menandakan Man United sedang tidak baik-baik saja. apa saja catatan buruk itu? Berikut rangkuman INDOSPORT.

1. Hampir Setara Burnley

Di musim 2023/2024 ini, hanya Burnley saja yang punya status tim Inggris dengan kekalahan terbanyak yakni sebanyak 10 kali.

Parahnya, Man United tepat berada di belakang Burnley sebagai tim Inggris dengan kekalahan terbanyak kedua musim ini yakni dengan total 9 kekalahan.

2. Start Terburuk

9 kekalahan yang didapat dari 17 laga di segala ajang musim ini membuat Man United menjalani start terburuknya sejak enam dekade silam.

Terakhir kali Man United merasakan start buruk di musim baru terjadi pada musim 1962/1963 lalu sehingga finis di peringkat ke-19 dari 21 tim di First Division.

Baca Juga

1. 3. Bisa Degradasi?

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag bersama kiper Andre Onana dan pemain Rasmus Hojlund terlihat sedih usai pertandingan di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris. (Foto: REUTERS/Molly Darlington)

Kalah 9 kali dari 17 laga bukanlah barang baru bagi Man United. Tim yang bermarkas di Old Trafford ini pernah merasakan hal tersebut pada musim 1973/1974 silam.

Saat itu, Man United kalah 9 kali dari 17 laga yang dimainkan. Hasilnya? Di akhir musim Setan Merah terdegradasi usai finis di peringkat ke-21 dari 22 tim di First Division.

Baca Juga

4. Ten Hag Lebih Parah dari David Moyes

Di musim pertamanya melatih Man United, Ten Hag membutuhkan 52 pertandingan di segala ajang untuk merasakan 9 kekalahan.

Tapi di musim ini, dirinya hanya butuh 17 laga untuk merasakan 9 kekalahan, atau lebih parah dari David Moyes yang merasakan kekalahan ke-9 di pertandingan ke-34 nya di musim 2013/2014.

5. Lini Serang Tumpul

Dari 11 pertandingan yang telah dimainkan di Liga Inggris 2023/2024 atau lebih dari 1000 menit pertandingan, lini depan Man United hanya bisa menyumbangkan 1 gol dan 1 assist saja.

1 gol dan 1 assist itu dibuat Marcus Rashford. Sedangkan penyerang lainnya seperti Antony, Rasmus Hojlund, Alejandro Garnacho, Jadon Sancho, Facundo Pellistri, dan Anthony Martial belum mencetak gol dan assist.

Baca Juga

6. Bobrok di Liga Champions

Dalam sejarahnya tampil di Liga Champions yakni sebanyak 297 kali, Man United kebobolan 4 gol atau lebih dalam satu laga sebanyak 5 kali saja.

Parahnya, 2 dari 5 laga di mana mereka kebobolan 4 gol atau lebih itu tercipta di musim 2023/2024 ini yakni dari Bayern Munchen dan FC Copenhagen.

7. Tak Pernah Menang Besar

Dari 17 laga yang dimainkan musim ini, Man United meraih total 8 kemenangan. Siapa sangka, total 8 kemenangan di segala ajang ini mayoritas kemenangan yang didapat dengan margin satu gol saja.

Dengan kata lain, Man United tak pernah tampil dominan dengan menang lebih dari satu gol atas lawannya musim ini, kecuali saat menang 3-0 dari Crystal Palace di Carabao Cup.

Baca Juga
Manchester UnitedIn Depth SportsLiga InggrisErik ten HagIndepth

Berita Terkini