x

Bongkar Borok Liverpool, Firmino Mengaku Dikucilkan Klopp dan Klub Sebelum Minggat dari Anfield

Jumat, 10 November 2023 03:03 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Roberto Firmino mengaku jika saat-saat terakhirnya di Liga Inggris (Premier League) bersama Liverpool jauh dari kata menyenangkan.

INDOSPORT.COM - Roberto Firmino mengaku jika saat-saat terakhirnya di Liga Inggris (Premier League) bersama Liverpool jauh dari kata menyenangkan.

Meski sudah berjasa selama delapan tahun di Anfield, namun ia mengisyaratkan jika tidak mendapatkan perlakuan yang baik dari Jurgen Klopp dan manajemen jelang kepergiannya pada bursa transfer musim panas 2023 lalu.

Baca Juga

Hal itu Firmino utarakan dalam autobiografi yang baru ia rilis berjudul 'Si Senor My Liverpool Years'.

Pada musim 2022/2023 lalu sang penyerang Brasil memasuki tahun terakhir masa kontraknya namun Klopp dan juga Liverpool baginya tidak terlihat punya niat serius untuk memberikan perpanjangan.

Menit bermain Firmino pun dikurangi dengan hanya ada 13 start di ajang Liga Inggris. Menit bermainnya kalah dari Darwin Nunez dan Cody Gakpo yang baru mendarat sebagai pemain anyar.

Namun statistik pemain yang akrab disapa Bobby itu justru mencapai 11 gol plus empat assist dan membuatnya hanya kalah soal produktifitas dari Mohamed Salah (19 gol dan 12 assist).

Baca Juga

Firmino coba mendiskusikan masalah tersebut dengan Klopp namun pelatih asal Jerman itu terkesan menghindar. Akhirnya di 2023/2024 transfer menuju Al Ahli di Arab Saudi dipilih sebagai jalan keluar olehnya.

"Bos (Jurgen Klopp) menghindari saya," tulis Roberto Firmino. "Pada 3 Maret 2023 saya menulis sendiri pesan untuknya di ponsel saya kemudian berangkat latihan,".

"Setelah berlatih saya datang ke kantor bos dan ketika saya masuk ia sedang duduk minum kopi. Dia melihat saya dan tahu apa maksud kedatangan ini,"

"Percakapan kami hanya berlangsung lima menit. Dia bilang tidak punya kontrol banyak (soal kontrak). Keputusan saya untuk pergi diterimanya dengan cepat," tambahnya lagi.

Baca Juga

1. Chamberlain Keluhkan Hal yang Sama

Alex Oxlade-Chamberlain dan Roberto Firmino di Liverpool.

Perlakuan dingin yang diterima sebelum habis masa kontrak tidak cuma dirasakan oleh Roberto Firmino saja.

Minimnya komunikasi dari Liverpool dan Jurgen Klopp kabarnya juga dialami Alex Oxlade-Chamberlain.

Baca Juga

Layaknya Firmino, Chamberlain angkat kaki dari Anfield pada bursa transfer musim panas 2023 lalu.

Gelandang asal Inggris tersebut mengaku pada The Athletic bahwa ia baru dikabari tidak akan mendapatkan deal baru hanya tiga hari jelang partai kandang terakhir Liverpool di Liga Inggris 2022/2023.

Saat itu pernyataan pelepasan sebagai free agent pun sudah siap dirilis di situs resmi The Reds yang menandakan memang pemberitahuan pada Chamberlain sangat mendadak.

"Anda pastinya ingin kabar entah itu baik atau buruk disampaikan lebih awal," beber Chamberlain.

Baca Juga

"Kurangnya komunikasi ini sangat mengejutkan," tambah pemain yang kini bermain untuk Besiktas di Liga Turki tersebut.

Apa yang dialami Firmino dan Chamberlain di Liverpool memang mengecewakan terutama bila mengingat keduanya punya andil dalam sukses klub memenangkan trofi Liga Inggris dan Liga Champions selama berada di Merseyside.

Terutama Roberto Firmino yang sampai detik ini masih tercatat sebagai pemain yang paling sering Jurgen Klopp andalkan dengan keterlibatan di 355 pertandingan lintas ajang.

Total 111 gol dan 79 assistnya pun menjadikan eks Hoffenheim itu pemain paling produktif kedua di Liverpool era Klopp. Hanya kalah dari Mohamed Salah (196 gol, 87 assist) serta mengungguli Sadio Mane (120 gol, 48 assist).

Baca Juga
LiverpoolJurgen KloppAlex Oxlade-ChamberlainRoberto FirminoLiga Inggris

Berita Terkini