x

Riccardo Orsolini: 'Si Anak Hilang' yang Bakal Dipulangkan Juventus ke Turin

Jumat, 10 November 2023 15:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Italia (Serie A), Juventus, kabarnya akan memulangkan mantan pemainnya yakni Riccardo Orsolini pada bursa transfer 2024.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Italia (Serie A), Juventus, kabarnya akan memulangkan mantan pemainnya yakni Riccardo Orsolini pada bursa transfer 2024.

Kabar ini menyeruak seiring adanya laporan La Gazzetta dello Sport yang menyebut Juventus ingin membawa pemain Bologna itu pulang ke Turin demi menambah kekuatan di lini serang.

Baca Juga

Disebutkan Juventus kagum dengan penampilan Riccardo Orsolini bersama Bologna dalam beberapa musim terakhir, termasuk musim ini.

Di musim ini, pemain berusia 26 tahun itu mampu mencetak 4 gol dari 11 pertandingan di Liga Italia 2023/2024 bagi Bologna.

Catatan itu dirasa membuktikan kapasitas Orsolini yang bisa saja mengisi lini serang, terutama untuk bersaing dengan Timothy Weah di pos Wing Back kanan.

Apalagi Orsolini juga bisa bermain di banyak posisi lainnya, yang membuat Juventus merasa ia bisa menjadi tambahan tepat untuk musim ini.

Baca Juga

Profil Riccardo Orsolini

Riccardo Orsolini merupakan pesepak bola asal Italia yang lahir di Ascoli Piceno pada 24 Januari 1997 dan pernah memperkuat Juventus di masa mudanya.

Orsolini pernah memperkuat Juventus kala tim berjuluk Si Nyonya Tua tersebut mendatangannya dari Ascoli pada Januari 2018 lalu.

Sejak bergabung Juventus, Orsolini lebih banyak dipinjamkan. Tercatat, ia dipinjamkan ke berbagai klub seperti Ascoli, Atalanta, hingga Bologna.

Bahkan sejak diboyong itu, Orsolini berlaum pernah sama sekali tampil bagi Juventus. Alhasil pada 2019, Bologna yang kepincut pun menebusnya dengan harga 15 juta euro.

Tercatat sejak menjalani peminjaman pada 2018/2019 dan dipermanenkan pada 2019, Orsolini telah tampil sebanyak 195 kali bagi Bologna dengan torehan 50 gol dan 25 assist.

Lalu bagaimana dengan kualitas Riccardo Orsolini di musim ini? Apakah kualitasnya bisa menjadi tambahan penting bagi Juventus?

Baca Juga

1. Kualitas Riccardo Orsolini

Riccardo Orsolini saat masih memperkuat Timnas Italia junior.

Meski banyak bermain sebagai winger, Riccardo Orsolini nyatanya bisa saja dipasang sebagai gelandang serang, posisi yang dibutuhkan Juventus.

Secara kualitas, Orsolini yang berada di usia primanya yakni 26 tahun, punya catatan apik di atas rata-rata yang bisa menguntungkan Juventus.

Baca Juga

Dalam setahun terakhir, Orsolini rata-rata mencetak 0,37 Non-Penalty Goals (NPG) per 90 menit dengan rataan 0,12 assist per 90 menit.

Ia pun terbilang pemain kreatif dengan rataan 4,47 Shot-Creating Actions (SCA) per 90 menit atau tindakan seperti operan dan dribel yang berbuah tembakan bagi rekan-rekannya.

Orsolini juga merupakan winger konservatif yang jarang terlibat permainan. Hal ini terbukti dengan rataan 37,11 operan dengan akurasi operan yang minim yakni hanya 66,1 persen.

Tapi perannya sebagai winger konservatif terlihat dari rataan dribelnya. Tercatat, Orsolini membuat 2,82 dribel per 90 menit dengan melewati lawan sebanayak 1,78 kali per 90 menit.

Baca Juga

Ia pun juga bisa menjadi Inside Forward yang terbukti dengan rataan sentuhan bola di kotak penalti lawan yakni sebanyak 4,27 kali per 90 menit.

Soal bertahan, Orsolini cocok menjadi Wing Back bagi Juventus, di mana ia rata-rata membuat 1,49 tekel+intersep per 90 menit, 1,12 blok per 90 menit, dan 0,79 sapuan per 90 menit.

Posturnya yang tinggi pun membuatnya juga punya rata-rata memenangi duel udara sebanyak 0,7 kali per 90 menit yang bisa menguntungkan saat menyerang dan bertahan.

Melihat catatan-catatan ini, Orsolini bisa melengkapi lini tengah Juventus yang bakal kehilangan Paul Pogba dan Nicolo Fagioli, serta menjadi pesaing di pos Wing Back bagi Timothy Weah dan Filip Kostic.

Baca Juga
Bursa TransferJuventusIn Depth SportsLiga ItaliaRiccardo OrsoliniprofilTransfer PemainIndepth

Berita Terkini