x

Rasmus Hojlund Cedera dan Terancam Absen Lama, Saatnya Man United Bobol Celengan Beli Lois Openda

Minggu, 12 November 2023 08:08 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Cedera Rasmus Hojlund tampaknya harus membuat Manchester United melakukan improvisasi di bursa transfer nanti. Membeli Lois Openda misalnya. (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

INDOSPORT.COM - Cedera Rasmus Hojlund tampaknya harus membuat Manchester United melakukan improvisasi di bursa transfer nanti. Membeli Lois Openda misalnya.

Kemenangan terbaru Manchester United di Liga Inggris (Premier League) 2023/2024 atas Luton Town pada Sabtu (11/11/23) malam WIB harus dibayar mahal.

Baca Juga

Dalam laga yang berkesudahan 1-0 di Old Trafford tersebut, Setan Merah diharuskan kehilangan dua pemain sekaligus.

Mereka adalah Christian Eriksen dan Rasmus Hojlund. Duo penggawa asal Denmark tersebut harus ditarik keluar sebelum peluit panjang dibunyikan wasit.

Cedera Hojlund jadi yang paling disayangkan karena ia adalah satu-satunya opsi layak striker Manchester United. Memang masih ada Anthiny Martial namun ia tidak lebih dari sekedar back up musim ini dan mungkin sebentar lagi akan pergi.

Bomber 20 tahun itu juga masih berusaha untuk mendapatkan gol perdananya di ajang Liga Inggris. Masalah hamstring yang menderanya bakal punya potensi memperpanjang penantiannya.

Baca Juga

"Untuk sekarang kami belum bisa memastikan apapun. Sudah dilakukan pemeriksaan namun hasilnya baru bisa disimpulkan 24 jam mendatang," beber Erik ten Hag selaku pelatih Manchester United soal cedera Hojlund.

"Rasmus sudah bikin lima gol di Liga Champions. Ia punya kepercayaan diri dan gol akan datang juga nantinya," tambah pria asal Belanda tersebut.

Manchester United cukup 'beruntung' karena cedera Hojlund terjadi di partai kompetitif terakhir sebelum jeda internasional datang. Akan ada kesempatan baginya untuk rehat tanpa melewatkan pertandingan.

Baca Juga

Namun ancaman menepi lebih lama tetap mengintai. Itulah kenapa The Red Devils mungkin perlu untuk menambah striker di bursa transfer musim dingin.

Apalagi dengan situasi klub saat ini yang terancam gagal lolos ke 16 besar Liga Champions dan belum juga kembali ke empat besar Liga Inggris. Bersabar menunggu Hojlund pulih tanpa mencari pengganti bisa jadi kesalahan fatal.

Itulah kenapa Lois Openda cocok untuk mereka jajal untuk direkrut meski ia belum lama ini bergabung dengan RB Leipzig.

Arketipe Openda berbeda dengan Hojlund namun itu justru sangat bagus karena bisa menambah variasi skema Manchester United.

Baca Juga

1. Punya Banyak Kemiripan

Rasmus Hojlund

Rasmus Hojlund adalah tipikal striker modern yang ideal. Tubuhnya menjulang tinggi di angka 191 cm dimanfaatkan untuk membantunya terlibat lebih banyak build up serangan serta mempertahankan possession.

Wonderkid Denmark berusia 20 tahun itu juga cepat sehingga cocok pula jika diinstruksikan menembus jebakan offside lawan.

Baca Juga

Meski jauh lebih mungil dengan tinggi badan 177 cm saja, gaya permainan Lois Openda pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sang calon rival internal di Manchester United.

Ia adalah penyerang yang tidak takut melakukan body charge dengan bek lawan berkat body balance mumpuni. Openda juga sangat mobile dan bahkan seringkali melakukan take on sampai ke byline demi membuka ruang bagi rekannya menusuk ke kotak penalti.

Fakta ini semakin membuktikan jika apabila nanti menjadi rekan satu tim, kecil kemungkinan bagi Openda dan Hojlund berada di lapangan bersamaan.

Jika dilihat dari statistik musim ini dari FBref, Openda jauh lebih unggul berkat 10 gol dan dua assist yang sudah ia kantongi bersama RB Leipzig dari 17 pertandingan lintas ajang.

Sementara itu Hojlund baru punya lima gol dari 14 kali tampil. Bila menggunakan satuan per 90 menit pun, Openda masih unggul dengan rataan 0,73 tiap satu pertandingan berbanding 0,47 milik Hojlund.

Baca Juga

Openda juga lebih efektif dalam memanfaatkan peluangnya dengan cuma memiliki 7,3 xG saja sejauh ini.

Hojlund pun sebenarnya melampaui angka harapan golnya yang cuma 4,7 namun lagi-lagi jika menggunakan standar per 90 menit ia tertinggal 0,47:0,62 xG.

Satu hal lagi yang membuat Openda terlihat lebih baik setidaknya di tiga bulan pertama 2023/2024 adalah bagaimana ia terlibat lebih banyak dalam build up.

Leipzig memberinya cukup kebebasan sampai bisa mengumpulkan 2,54 progressive carries dan 1,69 progressive pass per 90 menit. Rasmus Hojlund di Manchester United sedikit lebih pasif dengan rataan 1,29 dan 0,99 dalam kategori statistik yang sama.

Akan menarik sekali bila Lois Openda ikut merapat ke Manchester United karena ia berpotensi menjadi penyerang starter. Lebih hebat lagi jika nantinya Erik ten Hag bisa meracik taktik yang dapat mengakomodasi keduanya sekaligus.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedLiga InggrisIndepthLoïs Openda

Berita Terkini