x

3 Alasan Indonesia Bisa Pesta Gol ke Gawang Panama Piala Dunia U-17 2023

Senin, 13 November 2023 13:15 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain Indonesia U-17 Arkhan Purwanto gagal menceploskan bola ke gawang Ekuador U-17 yang dijaga Cristhian Loor pada laga Piala Dunia U-17 di Stadion GBT, Jumat (10/11/23). (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia U-17 akan menghadapi Panama di Piala Dunia U-17 2023 pada matchday ke-2 Grup A, anak asuh Bima Sakti berpeluang pesta gol.

Duel seru tersaji di pertandingan lanjutan babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 2023 antara Indonesia vs Panama di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Senin (13/11/23).

Baca Juga

Kemenangan menjadi harga mati untuk timnas Indonesia U-17 demi memperpanjang nafas mereka di ajang ini. Saat ini, Skuad Garuda Muda berada di peringkat ke-3 dengan 1 poin.

Poin itu didapat setelah mereka mampu menahan imbang 1-1 melawan Ekuador di pertandingan pertama grup A.

Padahal mereka sempat unggul lebih dahulu melalui gol Arkhan Kaka di menit ke-22, namun mampu disamakan oleh Ekuador lewat gol Allen Obando menit ke-28.

Hasil imbang itu menjadi modal berharga bagi timnas Indonesia U-17 jelang menghadapi Panama. Sedangkan bagi Panama, mereka tak punya jalan lain selain meraih kemenangan.

Baca Juga

Kekalahan akan membuat mereka jadi tim pertama yang bakal tersingkir dari Piala Dunia U-17. Saat ini mereka berada di peringkat ke-4 tanpa satupun poin.

Melihat catatan itu timnas Indonesia U-17 berpeluang meraih tiga poin pertama di laga ini. Sebab ada beberapa alasan yang mendukung target tersebut terwujud. Apa saja itu?

Beda Kualitas

Timnas Indonesia U-17 berpeluang menang mudah saat menghadapi Panama karena secara kekuatan Panama jelas di bawah Ekuador dan Maroko.

Hal itu bisa dilihat dari pertandingan pertama ketika timnas Indonesia U-17 mampu menaham imbang 1-1 melawan Ekuador, sedangkan Panama tumbang 0-2 dari Maroko.

Mentalitas para pemain timnas Indonesia U-17 juga sudah terbukti di level internasional saat menjuarai turnamen Piala AFF U-16 beberapa waktu lalu.

Baca Juga

1. Motivasi Lolos 16 Besar

Timnas Indonesia menggelar official training di Lapangan A Kompleks Stadion GBT Surabaya menjelang lawan Panama di Piala Dunia U-17. (Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT)

Jika menang lawan Panama U-17, Timnas Indonesia U-17 lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023?

Perlu dicatat, dua tim teratas setiap grup (A, B, C, D, E, F) dan empat tim peringkat ketiga terbaik berhak melaju ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-17 hanya perlu memenangkan satu pertandingan dan satu kali imbang untuk menjadi salah satu peringkat tiga terbaik.

Dengan catatan, Arkhan Kaka cs mampu mencetak gol sebanyak-banyaknya dan hanya kebobolan sedikit gol.

Namun, kemenangan atas Panama U-17 belum bisa menggaransi skuad asuhan Bima Sakti itu lolos ke fase gugur.

Timnas Indonesia U-17 minimal perlu memenangkan satu laga dan satu kali imbang untuk menjadi salah satu peringkat tiga terbaik.

Baca Juga

Artinya, jika menang atas Panama U-17, Timnas Indonesia U-17 masih perlu menahan imbang Maroko U-17 di matchday terakhir.

Mental Para Pemain Timnas U-17 Bertambah

Salah satu kekurangan pemain Timnas Indonesia dari dulu adalah mental. Pertandingan perdana di suatu kompetisi menjadi kunci bagaimana kiprah para pemain di laga selanjutnya.

Beruntung, di laga perdana Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia sukses bermain apik dan hampir saja menang. Namun hasil imbang 1-1 cukup membuat para fans gembira dengan perjuangan tim besutan Bima Sakti.

Karena minim hujatan dari fans, mental para pemain Timnas Indonesia U-17 dipastikan semakin bertambah untuk menatap laga kedua melawan Panama.

Baca Juga
PanamaPiala Dunia U-17Liga ItaliaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini