x

Jarang Ada yang Betah, 5 Pemain Inggris yang Singgah di Juventus Sebelum Jadon Sancho

Rabu, 15 November 2023 07:45 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Jelang bursa transfer musim dingin, Jadon Sanco isunya siap jajal Liga Italia (Serie A) menyusul isu pendekatan Juventus untuknya pada Manchester United.

INDOSPORT.COM - Jelang bursa transfer musim dingin, Jadon Sanco isunya siap jajal Liga Italia (Serie A) menyusul isu pendekatan Juventus untuknya pada Manchester United.

Dilaporkan I Bianconeri bersedia memberikan pelabuhan baru bagi sang winger 23 tahun yang sepertinya memang sudah tidak punya masa depan bersama The Red Devils.

Baca Juga

Jurnalis kenamaan Italia, Fabrizio Romano, menyatakan pada Selasa (14/11/23) bahwa ketertarikan Juventus pada Sancho memang benar adanya.

Dalam beberapa hari terakhir kontak dengan Manchester United sudah terjalin soal potensi kepindahan di bursa transfer musim dingin 2024.

Hanya saja Juventus tidak akan memboyong permanen Sancho, melainkan dengan kontrak pinjaman saja. Pada pihak Manchester United, proposal untuk membagi gaji sang pemain juga diajukan namun tetap melibatkan loan fee sebagai pemulus.

Menurut Romano, sejauh ini Manchester United belum tertarik menerima tawaran Juventus mengingat mereka ingin deal yang bersifat permanen.

Namun bila pada akhirnya tetap bisa pindah ke Allianz Arena, Sancho harus waspada akan satu hal. Tidak banyak pemain asal Inggris yang pernah merumput di Turin dan lebih sedikit lagi yang bisa dibilang sukses.

Baca Juga

Ada besar peluang Sancho akan mengikuti jejak mereka terutama dengan isu indisiplinernya namun sang pemain punya bekal pengalaman merantau bersama Borussia Dortmund.

Walau demikian tidak ada salahnya untuk tetap belajar dari kisah sejumlah Englishmen Juventus berikut ini.

1. Stephy Mavididi (2018-2020)

Bakat Stephy Mavididi ditemukan Juventus dari akademi Arsenal. Berkat rekomendasi kakak Giorgio Chiellini, bek senior I Bianconeri kala itu, ia pun diangkut ke Allianz Stadium.

Mavididi ditempatkan di tim U-23 dengan harapan sang penyerang 20 tahun bisa berkembang namun rupanya jauh panggang dari pada api. Ia hanya bertahan selama dua musim di sana dengan sekali penampilan di Liga Italia melawan SPAL selama 21 menit pada 2018/2019.

Peminjaman ke Dijon dan Montpellier jadi kegiatan Mavididi sebelum akhirnya memutuskan pulang ke Inggris dengan memperkuat Leicester City di kasta kedua musim ini.

Baca Juga

1. 2. Johnny Jordan (1948-1949)

Duel pemain Juventus Samuel Iling-Junior dengan pemain Atalanta Davide Zappacosta dalam laga Serie A Italia. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Karier Johnny Jordan cukup unik. Ia masih bermain bersama West Ham United sebagai penggawa amatir pada 1947 namun setahun kemudian Juventus merekrutnya.

Jordan pun tercatat sebagai pemain asal Inggris pertama untuk Si Nyonya Tua menurut data Transfermarkt. Dalam 20 penampilan, sang penyerang berhasil mengemas lima gol.

Baca Juga

Hanya semusim di Liga Italia, ia pun pulang ke Liga Inggris lagi untuk berbaju Birmingham City, Sheffield Wednesday, Tornbridge, dan Bedford Town sebelum pensiun di medio 1953.

3. Tony Marchi (1957-1959)

Ada banyak warga keturunan Italia di Inggris. Salah satunya satunya adalah Tony Marchi dan ia beruntung bisa punya karier profesional di dua negara tersebut.

Di Inggris, Marchi besar bersama Tottenham sebelum kemudian menarik minat Juventus di 1957. Sang bek pun dibeli seharga 48.000 Euro dan langsung dipinjamkan ke Vicenza.

Setelah peminjaman pertama habis, Juventus mengirimnya ke rival sekota Torino juga dengan kontrak loan. Sayang, Marchi tidak sempat bermain untuk Tim Zebra karena kemudian di bursa transfer musim panas 1959 ia dijual lagi ke Tottenham.

4. David Platt (1992-1993)

Karier David Platt di Juventus juga tidak lama karena hanya berusia semusim namun setidaknya ia boleh berbagga sebagai pemain Inggris tersukses dalam sejarah Putih-Hitam.

Baca Juga

Kala itu Platt di 1992 adalah defender kaliber internasional dengan 62 caps untuk negaranya sehingga tidak heran jika kemudian I Bianconeri tertarik.

Selama semusim sebanyak 28 laga dengan empat gol bisa dikumpulkannya. Tidak ketinggalan juga titel Piala UEFA 1992/1993.

5. Samuel Iling-Junior (2020-sekarang)

Samuel Iling-Junior adalah pemain Inggris yang masih aktif membela Juventus saat ini dan bahkan telah dipromosikan ke tim utama mulai musim lalu.

Ia datang dari akademi Chelsea pada 2020 dan sang winger dianggap sebagai salah satu talenta dengan masa depan cerah saat ini di Allianz Stadium.

Namun itu pun tidak menjami masa depannya bersama Juventus. Ada isu yang menyebutjika jika Iling-Junior akan ditransfer ke Tottenham Hoyspur apabila Jadon Sancho jadi merapat.

Baca Juga
Bursa TransferItaliaJuventusLiga ItaliaJadon SanchoSamuel Iling-JuniorIndepth

Berita Terkini