x

Radja Nainggolan Minta Pemain Muda Susul Marselino: Kalau Mau Jadi Artis di Indonesia Saja!

Jumat, 17 November 2023 19:09 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Radja Nainggolan, pemain berdarah Indonesia yang pernah membela Inter Milan.

INDOSPORT.COM - Radja Nainggolan minta pemain muda susul Marselino Ferdinan yang berkarier di luar negeri, dan saat ini bermain di kompetisi kasta kedua liga Belgia.

Sebagaimana diketahui, Radja Nainggolan adalah pesepak bola berdarah Indonesia-Belgia. Ia memiliki popularitas tinggi lantaran pernah membela AS Roma hingga Inter Milan.

Baca Juga

Bahkan, PSSI menunjuk Radja Nainggolan sebagai Duta Piala Dunia U-17 2023 karena popularitasnya tersebut, meski saat ini Radja belum terikat kontrak dengan klub mana pun.

Ketika hadir sebagai bintang tamu di kanal YouTube Sport77, Radja Nainggolan memberi apresiasi pada pemain muda Indonesia yang berani merantau ke luar negeri.

Selain itu, ia juga memuji langkah PSSI yang melakukan proses naturalisasi pada pemain keturunan untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia.

"Saya mengenal Sandy Walsh dengan baik, rumah dia juga dekat dengan saya di Belgia," ungkap Radja Nainggolan di kanal YouTube Sport77.

Baca Juga

"Dia tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan saya. Mentalitasnya tidak sama seperti pemain Indonesia," ucap pesepak bola usia 35 tahun tersebut.

"Pemain satunya lagi (Marselino Ferdinan), banyak orang menanyakan tentang dia. Saya rasa tidak masalah jika dia nanti bisa menjadi pemain bintang ataupun tidak."

"Yang penting dia berhasil menjadi inspirasi bagi pemain lain untuk berani melangkah ke luar negeri," ungkap Radja Nainggolan lagi.

Saat ini Marselino Ferdinan bermain di klub KMSK Deinze yang berkompetisi di kasta kedua Liga Belgia. Hanya saja, Lino absen beberapa waktu karena mengalami cedera.

Baca Juga

1. Pesan Radja Nainggolan untuk Pemain Muda

Radja Nainggolan saat berseragam AS Roma.

Radja Nainggolan memuji tekad Marselino Ferdinan yang memutuskan untuk berkarier di Eropa. Gelandang jebolan Persebaya Surabaya itu bahkan baru berusia 18 tahun saat merantau.

"Saya rasa hal tersebut sangat penting, saya rasa dia juga pemain yang masih usia muda, berani untuk keluar negeri dan mengambil langkah baru itu butuh keberanian besar."

Baca Juga

"Inilah sesuatu yang perlu dimiliki pemain muda lain yang ingin mengejar kariernya, butuh keberanian seperti ini. Dia akan jadi contoh yang baik bagi pemain muda lain."

Meski begitu, Radja Nainggolan juga tidak ingin mengecilkan para pemain yang memilih untuk menetap di Tanah Air dan berkompetisi Liga 1.

Menurutnya, Indonesia memiliki pasar sepak bola yang besar, bahkan pemain bola punya popularitas seperti selebriti. Maka dari itu, pemain bisa tetap sejahtera di luar lapangan.

"Di Asia Tenggara, sepak bola adalah hal yang besar, sehingga jika berhasil menjadi bintang lapangan di satu negara, kalian bisa hidup darinya," tutur Radja Nainggolan.

Baca Juga

"Jika ingin menjadi bintang di negara sendiri, kalian fokus untuk bermain di negara sendiri dan berkarier sepak bola sampai 20 tahun, lalu menjadi bintang besar."

"Namun jika ingin jadi bintang sesungguhnya, kalian harus mau pindah, karena akan sangat sulit di Indonesia, orang Eropa tidak ada yang melihatnya, dan sepak bola sesungguhnya itu di sana (Eropa)."

"Jika kalian ingin jadi bintang besar di sepak bola, kalian harus pindah. Tapi jika kalian ingin menjadi pemain sepak bola yang seperti artis, tetaplah di Indonesia," tukasnya.

Beberapa waktu lalu, Radja Nainggolan juga sempat dirumorkan akan bermain di Liga 1, namun ia sendiri belum mengkonfirmasi kebenarannya.

Baca Juga
BelgiaRadja NainggolanBola InternasionalMarselino FerdinanKMSK Deinze

Berita Terkini