x

Respons Rafael Struick soal Naturalisasi Ragnar Oratmangoen, Tersaingi di Lini Depan?

Selasa, 21 November 2023 14:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick, mengaku sudah mengetahui akan ada pemain naturalisasi berikutnya dari Belanda yakni Ragnar Oratmangoen. (Foto: PSSI/Irvan)

INDOSPORT.COM - Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick, mengaku sudah mengetahui akan ada pemain naturalisasi berikutnya dari Belanda yakni Ragnar Oratmangoen. Dia menilai hal itu bagus untuk meningkatkan kekuatan skuad Garuda.

Sebagai informasi, beberapa hari lalu, Ragnar Oratmangoen berada di Jakarta dan bertemu ketua umum PSSI, Erick Thohir pada Kamis (16/11/23). Keduanya bersalaman dan diunggah di Instagram Menteri BUMN tersebut.

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir mengabarkan jika pemain 24 tahun itu berkomitmen untuk membela skuad Garuda pada masa depan. Dengan demikian, dia kemungkinan besar dinaturalisasi.

Menanggapi hal tersebut, Rafael mengatakan bawah hadirnya Ragnar membuat Timnas Indonesia punya banyak pilihan di lini serang. Dia pun menyambut baik rencana PSSI, meski belum mengenal Ragnar secara personal.

“Setiap kali kami mendengar tentang pemain baru, saya tahu sedikit dari Liga Belanda. Saya belum tahu secara pribadi, tapi saya tak sabar untuk bertemu mereka dan dia pemain bagus,” kata Rafael.

"Saya mendengar dengan banyak kualitas. Jadi itu bagus untuk tim," tambahnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Rafael mengatakan enjoy membela Timnas Indonesia, setelah memutuskan jadi WNI. Dia merasa semuanya berjalan lancar sehingga target untuk membawa tim Merah Putih berprestasi terbuka lebar. 

“Ya, saya sudah beberapa bulan bersama tim ini. Saya pikir sangat bagus pada awalnya,” ujar striker 20 tahun itu.

“Ini sangat bagus. Semua orang sangat baik. Jadi saya merasa seperti di rumah sendiri dan sekarang kami mulai membangun dan menjadi tim yang lebih baik," sambung Rafael.

Saat ini, Rafael Struick sedang fokus bersama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim akan melawan Filipina pada Selasa (21/11/23) malam nanti di Stadion Rizal Memorial.

Baca Juga

1. Daftar Pemain Naturalisasi Terbaru

Ragnar Oratmangoen dan Erick Thohir. (Foto: Instagram@erickthohir)

Sementara itu, Ragnar bukan satu-satunya nama yang berusaha dinaturalisasi PSSI. Sudah ada tiga pemain yang berkasnya sedang diproses yakni Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Justin Hubner. 

Ragnar sebelumnya pernah masuk list pemain yang akan dinaturalisasi dua tahun lalu bersama Sandy Walsh, Jordi Amat dan Mees Hilgers. Tapi, pada saat akhir, statusnya ditunda sementara oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Baca Juga

Ketika itu, Shin Tae-yong memilih merekomendasikan Kevin Diks. Namun, pemain F.C. Copenhagen itu pada akhirnya tidak jadi jalani proses perpindahan warga negara ke Indonesia.

Adapun, naturalisasi pemain keturunan dilakukan PSSI dengan harapan Timnas Indonesia bisa bersaing di kancah internasional. Sebab, tim Merah Putih sedang berjuang di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan akan tampil di Piala Asia 2024.

Baca Juga
Erick ThohirFilipinaTimnas IndonesiaRagnar OratmangoenJustin Quincy HubnerRafael William StruickNathan Tjoe-A-OnJay IdzesKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini