x

3 Suksesor Mohamed Salah versi FBRef, Ada Pemain Real Madrid!

Kamis, 23 November 2023 04:04 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Laman statistik sepak bola, FBRef, menyebut setidaknya ada 3 pemain yang layak dilirik klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, untuk menjadi suksesor Mohamed Salah. (Foto: REUTERS/Peter Nicholls)

INDOSPORT.COM - Laman statistik sepak bola, FBRef, menyebut setidaknya ada 3 pemain yang layak dilirik klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, untuk menjadi suksesor Mohamed Salah.

Liverpool memiliki prioritas yang jelas pada bursa transfer mendatang. Klub berjuluk The Reds tersebut berupaya mendatangkan pengganti Mohamed Salah, yang terus digoda untuk pindah ke Liga Arab Saudi oleh Al Ittihad.

Baca Juga

Beberapa nama sempat dikaitkan dengan Liverpool untuk dijadikan kandidat pengganti pemain Timnas Mesir tersebut. Namun, sejauh ini baru sebatas rumor. 

Tentu, tak mudah mencari pengganti bagi Mohamed Salah. Sang pelatih, Jurgen Klopp, bahkan kehabisan kata-kata untuk memuji pemain yang telah melesakkan 198 gol sejak datang ke Liverpool pada 2017 silam tersebut.

"Luar biasa. Dia adalah pemain yang luar biasa dan cukup spesial," ujar Jurgen Klopp, dikutip dari Liverpool Echo.

Musim ini saja, Mohamed Salah telah mencetak 10 gol dan 4 assist hanya dalam 12 pertandingan Liga Inggris. Tercatat, hanya ada 5 pemain di 5 liga top Eropa yang memiliki jumlah gol lebih banyak ketimbang Mohamed Salah. 

Baca Juga

"Mo Salah mendapat banyak pujian. Tapi saya tidak tahu, apakah itu cukup. Saya pikir, untuk saat ini, dia adalah pemain terbaik di Premier League," ujar pelatih Brentford, Thomas Frank.

"Dalam hal gol dan assist, sulit untuk mencapai levelnya. Dia pasti masuk dalam daftar penyerang terbaik di dunia. Bukan cuma 10 besar, tapi masuk 3 besar," tuturnya.

Laman statistik sepak bola, FBRef, mencoba mengkalkulasi siapa pemain yang secara statistik layak menggantikan Mohamed Salah di Liverpool.

Tiga nama muncul sebagai kandidat terkuat dalam hal kemiripan dengan pemain berjuluk Pangeran Mesir tersebut. Siapa saja?

Baca Juga

1. 3 Kandidat Pengganti Mo Salah

Penyerang Real Madrid Vinicius Junior gagal mengeksekusi tendangan penalti pada babak pertama melawan Barcelona di Stadion AT&T. (Foto: REUTERS/Kevin Jairaj)

Di peringkat pertama, laman FBRef menampilkan penggawa Aston Villa, Moussa Diaby, sebagai pemain dengan statistik paling mirip dengan Mohamed Salah.

Pemain yang baru saja didatangkan dari Bayer Leverkusen pada bursa transfer musim panas tahun ini tersebut langsung nyetel dengan skema racikan Unai Emery.

Baca Juga

Tampil 12 kali di Liga Inggris, pemain berusia 24 tahun ini telah mencetak 3 gol dan 3 assist untuk The Villans.

Sementara itu, nama kedua adalah Vinicius Junior. Bintang Real Madrid ini memang menjadi sosok kunci reformasi Los Blancos dalam membangun skuad anyar yang lebih muda dan mematikan.

Menariknya, laman The Athletic sempat menulis jika pemain asal Brasil ini merupakan sosok pemain paling tepat untuk dijadikan suksesor Mohamed Salah.

Masalahnya, Real Madrid dipastikan tak akan melepas dengan mudah pemain sepenting Vinicius Junior. Sang pemain juga tak punya alasan untuk meninggalkan Real Madrid, yang memberinya menit bermain rutin musim ini.

Baca Juga

Ditambah, pemain berpaspor Brasil tersebut baru saja meneken kontrak jangka panjang dengan Los Blancos yang mengikatnya hingga 2027 mendatang.

Sementara, di peringkat ketiga, ada pemain Borussia Dortmund, Donyell Malen. Pemain Timnas Belanda tersebut memang tampil cukup bagus pada musim ini dengan mencetak 3 gol dari 11 pertandingan.

Namun, dibanding 2 nama yang disebut sebelumnya, Donyell Malen memiliki kemungkinan paling kecil untuk direkrut Liverpool karena pengalamannya yang belum teruji di liga top Eropa.

Meski potensial, pembelian Donyell Malen agaknya akan cukup berisiko. Sang pemain diragukan bakal langsung bisa menduplikasi performa Mohamed Salah jika datang ke Anfield.

Baca Juga
Bursa TransferLiverpoolMohamed SalahLiga InggrisDonyell MalenVinicius JuniorBerita TransferMoussa DiabyIndepth

Berita Terkini