x

Pernah Sulitkan Messi, Kiper Top MLS Maarten Paes Segera Gabung Timnas Indonesia?

Jumat, 1 Desember 2023 15:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Kiper top Major League Soccer (MLS), Maarten Paes, yang pernah sulitkan Lionel Messi dirumorkan segera gabung Timnas Indonesia. (Foto: REUTERS/Joe Nicholson)

INDOSPORT.COM – Kiper top Major League Soccer (MLS), Maarten Paes, yang pernah sulitkan Lionel Messi dirumorkan segera gabung Timnas Indonesia.

Sosok kiper MLS Maarten Paes yang bermain untuk Dallas FC belakangan tengah jadi sorotan di kalangan pendukung Timnas Indonesia.

Baca Juga

Melansir dari Transfermarkt, sang kiper yang lahir di Nijmegen, Belanda pada 4 Mei 1998 itu membela FC Dallas sejak tahun 2020 silam.

Salah satu penampilan Maarten Paes paling disoroti adalah saat dirinya beradu dengan Lionel Messi  di pertandingan Leagues Cup antara FC Dallas vs Inter Miami CF pada 7 Agustus 2023.

Dalam laga yang digelar  7 Agustus 2023 lalu, FC Dallas yang berstatus sebagai tuan rumah harus takluk dari Inter Miami lewat adu penalti 7-9.

Lionel Messi tiga kali membobol gawang FC Dallas yang dikawal oleh Maasten Paes. Dua gol terjadi di waktu normal dan satu gol sisanya terjadi babak tos-tosan.

Baca Juga

Terlepas dari pertandingan tersebut, Maarteen Paes juga menjadi sorotan karena dirinya mengisyaratkan ingin bergabung dengan Timnas Indonesia.

Rumpr ini dihembuskan pertama kali oleh akun FT Scouting di Twitter yang menyebutkan bawa Maarten Paes layak dinaturalisasi dan memperkuat Timnas Indonesia.

Hal ini dikarenakan Maarten Paes karena neneknya yang merupakan etnis Eropa lahir di Hindia-Belanda (Indonesia) atau istilahnya Blijvers.

"Maarten Paes neneknya lahir di Hindia-Belanda (Indonesia) dari Etnis Eropa dan bisa dikatakan Blijvers," tulis FT Scouting.

Baca Juga

1. Maarten Paes Follow Akun Erick Thohir

Maarten Paes, kiper FC Dallas. (Foto: REUTERS/Steven Bisig)

Bukan hanya itu saja, Maarten Paes, mengisyaratkan keinginannya bergabung Timnas Indonesia lewat aktivitasnya di media sosial.

Diketahui Maarten Paes mengikuti akun Instagram Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan akun resmi PSSI.

Baca Juga

Sebelumnya, memang ada beberapa pemain yang mengikuti akun PSSI atau Erick Thohir dan tak lama kemudian menyatakan keinginannya menjadi WNI.

Meski demikian, belum diketahui dengan pasti apakah Maarten Paes benar-benar tertarik untuk dinaturalisasi dan gabung Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sendiri saat ini memiliki beberapa opsi penjaga gawang yang cukup berkualitas misalnya Nadeo Argawinata, Ernando, Syahrul Trisna, Muhammad Riyandi, Reza Arya, dan Daffa  Fasya.

Mengenai perjalanan karier Maarten Paes sendiri, sang kiper mengawali kiprah di VV Union, sebelum akhirnya bermain bagi tim tanah kelahirannya, yakni NEC Nijmegen.

Baca Juga

Selain itu, Maarten Paes juga pernah memperkuat klub papan atas Belanda, FC Utrecht setelah dipromosikan dari tim U-21 pada 2019.

Sekedar informasi, FC Utrecht pernah menjadi klub sejumlah pemain keturunan Indonesia seperti Ivan Jenner, Marc Klok, Irfan Bachdim, Shayne Pattynama, dan Stefano Lilipaly.

Selama 3,5 tahun di FC Utrecht, dirinya hanya tampil sebanyak 48 kali dengan kebobolan total 63 gol dan mencetak 12 clean sheets.

Alhasil pada Januari 2022, ia dipinjamkan ke FC Dallas di MLS. Enam bulan kemudian, FC Dallas memutuskan mempermanenkan Maarten Paes dengan biaya 1 juta euro.

Pemain dengan tinggi 1,91 meter tersebut tercatat telah memainkan 70 laga bersama FC Dallas di semua kompetisi dengan kebobolan 75 gol dan 17 nirbobol.

Di level internasional, Maarten Paes sempat bermain di timnas Belanda U-18 dan U-21, dengan catatan 10 caps.

Baca Juga
NaturalisasiTimnas IndonesiaMajor League Soccer (MLS)FC DallasMaarten Paes

Berita Terkini