x

8 Fakta di Luar Nalar Usai Pertandingan Sengit Manchester City vs Tottenham Hotspur di Liga Inggris

Senin, 4 Desember 2023 02:53 WIB
Editor: Juni Adi
Duel udara antara pemain Manchester City dan Tottenham di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Sejumlah fakta menarik yang lahir di laga Liga Inggris (Premier League) antara Manchester City vs Tottenham Hotspur.

Duel seru tersaji di pertandingan Liga Inggris pekan ke-14 antara Manchester City vs Tottenham Hotspur di Stadion Etihad, pada Senin (04/12/23) dinihari WIB.

Baca Juga

Bermain di markasnya sendiri, The Citizens gagal meraih kemenangan. Mereka hanya bisa bermain imbang 3-3 melawan Tottenham.

Manchester City harus tertinggal lebih dulu oleh gol cepat Tottenham Hotspur yang diciptakan Son Heung-min di menit keenam.

Namun sembilan menit kemudian, Son Heung-min malah mencetak gol bunuh diri yang membuat skor menjadi imbang 1-1 pada menit kesembilan.

Pertandingan kemudian berjalan ketat dan keras. Seperti biasa, tuan rumah mampu mendominasi jalannya pertandingan dengan skema umpan-umpan pendek.

Memasuki menut ke-31, akhirnya The Citizens sukses membalikan keadaan menjadi 2-1 lewat gol yang dicetak oleh Phil Foden. Ia mencetak gol setelah mengonversi umpan dari Julian Alvarez.

Baca Juga

Dalam laga melawan Tottenham Hotspur, Pep Guardiola mengandalkan formasi 3-2-4-1. Erling Haaland menjadi ujung tombak di lini depan.

Akan tetapi, presing ketat yang dilakukan oleh barisan belakang Tottenham Hotspur membuat top skor sementara Liga Inggris tersebut tidak berkutik di babak pertama.

Skor keunggulan 2-1 untuk Manchester City atas Tottenham Hotspur bertahan hingga wasit meniupkan peluit akhir 45 menit pertama.

Di babak kedua, Tottenham bangkit. Mereka mampu menyamakan skor jadi 2-2 setelah Giovani Lo Celso mencetak gol menit ke-69.

Tetapi di penghujung babak kedua, drama terjadi ketika Manchester City sempat berbalik unggul jadi 3-2 lewat gol Jack Grealish menit ke-81, lalu Tottenham menyamakan kedudukan jadi 3-3 melalui gol Dejan Kulusevski menit ke-90.

Baca Juga

1. Gagal Kudeta Arsenal

Selebrasi Phil Foden usai cetak gol ke gawang Tottenham Hotspur, Minggu (03/11/23) malam WIB.

Manchester City gagal kudeta Arsenal di puncak klasemen Liga Inggris. Mereka kini berada di peringkat ke-3 dengan 30 poin, selisih 3 angka dari The Gunners yang sedang memimpin berkat 33 poin.

Sementara Tottenham Hotspur naik ke peringkat ke-5 dengan 27 poin, menggeser Newcastle United yang kini duduk di urutan ke-6 dengan 26 poin.

Baca Juga

Rekor Dejan Kulusevski

Dejan Kulusevski menjadi pemain kedua dalam sejarah Premier League yang mencetak gol tandang ke gawang juara bertahan dalam tiga musim berturut-turut di kompetisi tersebut.

Setelah Danny Murphy, yang melakukannya dalam empat musim berturut-turut dari 2000-01 hingga 2003-04.

Mimpi Buruk Son Heung-min

Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min menjadi salah satu pemain yang paling disorot di laga melawan Manchester City.

Sebab ia jadi satu-satunya pemain yang lengkap dalam hal membuat gol, assist dan juga gol bunuh diri.

Baca Juga

Terakhir kali ada pemain yang memborong peran tersebut adalah Jacob Ramsey melawan Manchester United di tahun 2022 lalu.

Sebelumnya ada juga Gareth Bale vs Liverpool (2012), Wayne Rooney vs Stoke City (2012), dan Kevin Davies vs Aston Villa (2008).

Giovanni Lo Celso Mimpi Buruk Man City

Giovanni Lo Celso telah mencetak gol dua kali berturut-turut di Premier League, setelah hanya mencetak satu gol dari 58 penampilan pertamanya di kompetisi tersebut sebelumnya.

Dua dari tiga golnya di Premier League terjadi saat melawan Man City.

Baca Juga

Son Heung-min Hero to Zero

Ada jeda 137 detik antara Son Heung-min membawa Spurs unggul 1-0 dan kemudian mencetak gol bunuh diri. 

Dia menjadi pemain kedua dalam sejarah Liga Premier yang mencetak gol dan gol bunuh diri di 10 menit pertama pertandingan, setelah Gareth Barry untuk Aston Villa v Charlton pada Mei 1999.

Kebuntuan Erling Haaland

Untuk pertama kalinya dalam karirnya, Erling Haaland melepaskan lebih dari 5 tembakan dalam satu pertandingan di lima liga besar Eropa tanpa mengenai sasaran.

Jack Grealish Penyihir Tim Besar

Jack Grealish kini telah mencetak gol Liga Premier melawan Man Utd, Arsenal, Liverpool dan Tottenham sejak awal musim lalu.

Julian Alvarez Sang Pelayan

Tidak ada satu pun pemain di Manchester City musim ini di Liga Inggris yang menyamai torehan assist Julian Alvarez sebanyak 5 assist.

Manchester CityTottenham HotspurLiga Inggris

Berita Terkini