x

Update Naturalisasi Jay Idzes dan Tjoe-A-On: Sudah Disetujui DPR, Segera Gabung Timnas Indonesia

Selasa, 5 Desember 2023 10:39 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Prio Hari Kristanto
Proses naturalisasi dua pemain Eropa, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, sampai tahap lanjut dan tinggal selangkah lagi untuk masuk ke dalam Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Proses naturalisasi dua pemain Eropa, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, sudah sampai tahap lanjut dan tinggal selangkah lagi untuk masuk ke dalam Timnas Indonesia.

Akun X resmi PSSI melaporkan bahwa Komisi X dan III DPR RI sudah menyetujui rekomendasi kewarganegaraan kepada Idzes dan Tjoe-A-On.

Baca Juga

"Komisi X dan III DPR RI menyetujui untuk merekomendasi kewarganegaraan kepada calon pemain naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On," tulis mereka.

"Hasil itu didapat setelah Komisi X dan Komisi III mengadakan rapat kerja dengan Menpora Ario Bimo Nandito Ariotedjo (Dito Ariotedjo)."

"Dalam rapat kerja itu juga dihadiri Sekjen PSSI Yunus Nusi, anggota Komite Eksekutif PSSI Ahmad Riyadh dan Sumardji di Gedung DPR RI Senayan pada Senin (4/12)."

Dengan keputusan ini, tampaknya naturalisasi dua pemain tersebut bakal segera rampung dan kekuatan Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong pun akan bertambah.

Baca Juga

Jay Idzes sendiri sudah pulih dari sakit yang pernah menimpanya, yakni trombosis vena dengan mikro emboli paru, dan dibawa ke Rumah Sakit Siloam pada Oktober 2023.

Namun, karena kondisinya sudah membaik, maka ia bisa lanjut naturalisasi demi membela Timnas Indonesia, khususnya di ajang Piala Asia 2023.

Piala Asia 2023 akan digelar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024. Timnas Indonesia berada di Grup D bersama Jepang, Irak, serta Vietnam.

Di laga pertama, Indonesia akan menghadapi Irak pada 15 Januari. Selanjutnya, mereka akan melawan Vietnam dan yang terakhir, Jepang.

Baca Juga

1. Profil Singkat Jay Idzes dan Tjoe-A-On

Pemain Keturunan Indonesia, Nathan Tjoe-A-On.

Jay Idzes merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Belanda. Saat ini, ia masih berusia 23 tahun.

Idzes memiliki posisi natural sebagai bek tengah. Namun, ia juga bisa dipasang di sektor gelandang bertahan dan gelandang tengah.

Baca Juga

Idzes sendiri sekarang membela klub Serie B Liga Italia, Venezia, sejak 30 Juni 2023 lalu. Ia dikontrak sampai 2027 bersama mereka.

Musim ini, ia sudah dimainkan 10 kali, rinciannya 9 kali di Serie B dan 1 kali di Coppa Italia. Jay Idzes mengaku sangat betah bersama Venezia.

Sebelum gabung Venezia, Idzes juga pernah bergabung ke PSV Eindhoven (2018-2020) dan Go Ahead Eagles (2020-2023).

Sementara itu, Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain dari Swansea City, sebuah klub penghuni Divisi Championship, sejak 13 Agustus 2023.

Baca Juga

Pemain berumur 21 tahun itu memiliki posisi natural sebagai bek kiri. Namun, ia juga bisa ditempatkan di posisi bek tengah, baik kanan maupun kiri.

Meski demikian, Tjoe-A-On sama sekali belum pernah dimainkan oleh Swansea musim ini berdasarkan Transfermarkt.

Sebelum gabung Swansea, Nathan Tjoe-A-On pernah merumput bersama klub kasta bawah Liga Inggris, Excelsior, pada 2019-2023.

Baca Juga
NaturalisasiTimnas IndonesiaBerita Timnas IndonesiaNathan Tjoe-A-OnJay Idzes

Berita Terkini