x

3 Line-up Manchester City Usai Kedatangan Xabi Alonso Jadi Suksesor Guardiola

Senin, 4 Desember 2023 13:35 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Indra Citra Sena
Menerka tiga potensi susunan pemain klub Liga Inggris (Premier League), Manchester City, kalau Xabi Alonso benar-benar jadi pengganti Pep Guardiola.

INDOSPORT.COM - Menerka tiga potensi susunan pemain klub Liga Inggris (Premier League), Manchester City, kalau Xabi Alonso benar-benar menjadi pengganti Pep Guardiola.

Xabi Alonso sudah menangani Bayer Leverkusen sejak 5 Oktober 2022. Musim pertamanya bersama mereka cukup sukses dengan mencapai semifinal Liga Europa.

Baca Juga

Sekarang, Xabi Alonso mengubah Leverkusen menjadi tim 'monster' dengan konsisten menduduki puncak klasemen Bundesliga Jerman 2023/24 dengan perolehan 71 poin.

Sepak terjangnya yang mengagumkan itu membuat Xabi Alonso menarik banyak peminat. Mereka adalah Real Madrid, Liverpool, dan Manchester City.

Saat ini, Real Madrid menjadi yang terdepan dalam mendatangkan Alonso sebagai pengganti Carlo Ancelotti. Namun, Manchester City ternyata juga dikaitkan dengannya untuk jadi suksesor Pep Guardiola.

Meski banyak yang meyakini The Citizens tak akan mudah mendatangkannya, tetap ada potensi Alonso menukangi mereka menggantikan Guardiola. Berikut lineup Manchester City bersama legenda Madrid tersebut.

Baca Juga

1. 3-4-2-1

Formasi utama Xabi Alonso bersama Bayer Leverkusen adalah 3-4-2-1 dengan tiga bek tengah, dua gelandang bertahan, dua wingback, dua gelandang serang atau penyerang lubang, dan satu striker.

Alonso bisa kembali menggunakan formasi tersebut kalau memang dipinang Manchester City. Sebab, skuad Pep Guardiola juga memiliki para pemain yang mendukung 3-4-2-1.

Untuk tiga bek, Alonso bisa menempatkan Ruben Diaz, Josko Gvardiol, dan Nathan Ake. Sementara itu, Sergio Gomez jadi bek sayap kiri dan Kyle Walker di sisi kanan.

Untuk sektor gelandang bertahan, Alonso bisa memasang Rodri dan Kalvin Phillips. Matteo Kovacic dan Mattheus Nunez juga bisa diturunkan kalau Alonso menggunakan gelandang tengah.

Sementara untuk gelandang serang, ia bisa menempatkan Bernardo Silva dan Kevin De Bruyne. Untuk sektor penyerang, tetap Erling Braut Haaland.

Baca Juga

1. 2. 4-2-3-1

Menilik taktik yang tepat bagi Xabi Alonso kalau melatih Manchester City.

Di Bayer Leverkusen, Xabi Alonso juga beberapa kali menggunakan formasi 4-2-3-1 untuk memberi efek kejut bagi lawannya yang mengira mereka akan tampil dengan skema 3-4-2-1.

Kalau formasi ini diterapkan di Manchester City, maka lini belakang mereka menjadi Sergio Gomez (bek kiri), Ruben Diaz dan Josko Gvardiol atau Manuel Akanji (bek tengah), dan Kyle Walker (bek kanan).

Baca Juga

Untuk gelandang bertahan, Rodri dan Phillips bisa dipasang. Kalau manajemen siap mendepak Phillips seperti yang selama ini dirumorkan, Alonso bisa mengandalkan Mattheus Nunez.

Untuk gelandang serang, Bernardo Silva akan menjadi pilihan terbaik. Untuk sayap kiri, Jack Grealish atau Jeremy Doku bisa dipasang.

Untuk sayap kanan, Alonso bisa menggunakan Phil Foden atau Julian Alvarez. Sementara untuk striker, Erling Haaland tetap jadi andalan.

3. 3-4-3

Pada dasarnya, skema 3-4-3 hampir sama dengan 3-4-2-1. Perubahannya hanya di sektor depan, di mana tidak ada playmaker, tapi digantikan oleh sepasang winger.

Baca Juga

Untuk tiga bek, Ruben Diaz, Josko Gvardiol, dan Nathan Ake bisa kembali digunakan, sama seperti formasi nomor satu. Gomez dan Walker tetap jadi pilihan untuk bek sayap.

Untuk sektor gelandang bertahan, Alonso bisa memasang Rodri dan Kalvin Phillips. Kalau Phillips dijual, Matteo Kovacic dan Mattheus Nunez juga bisa diturunkan.

Sementara untuk winger, masih ada  Jack Grealish atau Jeremy Doku sebagai sayap kiri dan Phil Foden atau Julian Alvarez di sisi kanan, yang mengapit Erling Haaland sebagai striker tunggal.

Baca Juga
Manchester CityXabi AlonsoPep GuardiolaBayer LeverkusenLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini