Pembalap Sepeda Dunia Mulai Berdatangan ke Banyuwangi

Minggu, 3 Mei 2015 14:58 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Para pembalap asing telah berdatangan ke Banyuwangi untuk mengikuti kompetisi International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) yang berlangsung pada 6-9 Mei 2015. 

"Dalam satu atau dua hari ini, para pebalap dan krunya terus berdatangan ke Banyuwangi. Hari ini ada tim dari Singapura, Australia, Malaysia, dan beberapa yang lain," kata Chairman ITdBI Guntur Priambodo seperti dilansir Antara.

Guntur menjelaskan tim continental yang akan berkompetisi di ajang ini di antaranya adalah Tabriz Shadari Team (Iran), Matrix Powertag (Jepang), Singha Infinite Cycling Team (Thailand), NSC Sycling Team (Malaysia), Pegasus Continental Cycling (Indonesia), dan Team 7 Eleven Road Bike Philippines (Filipina).

Menurut dia, ITdBI adalah perwujudan dari konsep "sport tourism" yang mengemas pengembangan pariwisata dalam balutan olahraga.

"Untuk memperkuat konsep sport tourism, rute yang dilalui para pembalap adalah rute yang sekaligus bisa mempromosikan destinasi wisata. Para pebalap melewati rute yang berdekatan dengan sekitar 15 destinasi wisata mulai dari wisata pantai, perkebunan, pegunungan, hingga wisata kota," ujar Guntur.

Dengan melewati berbagai kawasan dan rute yang bervariasi, para pebalap akan ditunjukkan pada keramahan warga dan keindahan alam Banyuwangi.

"Demikian juga wisatawan yang datang bisa sekaligus berwisata ke destinasi terdekat dari rute yang dilewati," tuturnya.

Race Director ITdBI yang merupakan perwakilan Union Cycliste Internationale (UCI), Jamaludin Mahmood, mengatakan ajang ITdBI tahun ini dipastikan akan lebih kompetitif. Nama-nama jagoan balap sepeda, seperti Peter Pouly (pemenang ITdBI tahun 2014), Thomas Rabouw (Santic Racing Team), Andrea Palini (Skydive Dubai), dan Aiman Cahyadi (Pegasus) menyatakan siap menaklukkan tanjakan Ijen yang mempunyai kemiringan 45 derajat.

"Tour de Banyuwangi Ijen menghadirkan tanjakan terekstrem di Asia. Tanjakan di Banyuwangi berada di ketinggian lebih dari 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl), melampaui tanjakan di Genting Highland dalam Tour de Langkawi Malaysia yang berada di ketinggian sekitar 1.500 mdpl," ucap Jamaludin.

ITdBI tahun ini menempuh empat etape dengan total panjang rute sejauh 555 kilometer. Rute ini ditempuh dengan mengelilingi wilayah Banyuwangi dan dipuncaki dengan berpacu mendaki Gunung Ijen, gunung berapi aktif yang terkenal di dunia dengan fenomena api biru (blue fire).

Ajang ini sudah masuk dalam agenda rutin Persatuan Balap Sepeda Internasional atau UCI dan diselenggarakan setiap tahun sejak 2012.

Tahun ini, ITdBI diikuti para pebalap dari 27 negara, yakni Prancis, Belanda, Kolombia, Kanada, Amerika Serikat, Jerman, Italia, Jepang, Singapura, Thailand, Iran, Spanyol, Filipina, Malaysia, Australia, Korea, Tiongkok, Thailand, Selandia Baru, Rusia, Portugal, Taiwan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Hong Kong dan Indonesia.