Tour de Singkarak 2016

Persaingan Ketat TdS, Etape III Munculkan Juara Baru

Senin, 8 Agustus 2016 21:10 WIB
Kontributor: Taufik Hidayat | Editor: Ramadhan
© Taufik Hidayat/INDOSPORT
 Copyright: © Taufik Hidayat/INDOSPORT

Ricardo Garcia dari tim Kinan Cycling Team, menjadi pembalap pertama yang melintasi garis finis di depan Kantor Bupati Pasaman Baratdengan catatan waktu 02:59:43, pada Etape ketiga, yang mengambil rute Kabupaten Pasaman menuju Kabupaten Pasaman Barat tersebut, Senin (08/08/16).

Garcia yang dietape dua berada diposisi kedua klasemen umum, finis sendirian setelah memenangkan adu sprint dengan pembalap dibelakang yang didominasi pembalap Iran.

Pembalap dengan nomor start 13 itu, akhirnya mampu merebut yellow jersey atau pembalap tercepat dari tangan Dylan Newberry karena pembalap Australia itu hanya finis di urutan 51.

Diposisi dua ada pembalap dari Korail Cycling Team, Lee Ki Suk dan diposisi tiga ada pembalap Pishgaman Cycling Team, Amir Kolahdouz dengan catatan waktu yang sama. Untuk posisi lima besar, Indonesia menempatkan Dadi Suryadi yang mampu menyodok ke papan atas.

“Sebagai pembalap sepeda, target adalah menjadi yang terbaik yaitu merebut yellow jersey. Untuk meraihnya, butuh kerja keras dan kerja sama tim yang baik,” kata Ricardo Garcia usai perlombaan.

Dengan Garcia menjuari etape ketiga, bisa dipastikan belum ada pembalap yang dominan di kejuaraan yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata itu.

Di etape pertama, pembalap Australia, Dylan Newberry menjadi yang terbaik. Sementara etape kedua direbut Rahim Emami dari Iran.

Prediksi persaingan yang akan kembali ketat benar-benar terbukti. Garcia yang selalu masuk 10 besar mampu menyodok, padahal lintasan yang dilalui dari Equator Bonjol menuju Pasaman Barat cukup berat, karena harus melalui tiga titik sprint dan tiga titik king of mountain (KOM).

Titik KOM yang berada di km 5 tepatnya di Bonjol. Selanjutnya, di Duo Koto atau km 55,5 dan di Pasaman Barat atau km 81,3.

Tinggi tanjakan yang ada antara 442 m hingga 875 m. Selain itu ada tiga titik sprint tepatnya di Lubuk Sikaping, Rambo Panti dan Talu.

Disepanjang jalan dari Pasaman menuju Pasaman Barat, selain disuguhkan lintasan yang variatif, semua pembalap juga disuguhkan tempat wisata.

Mulai dari titik Equatol Bonjol hingga Rambo Panti yang dikenal dengan hutan yang memiliki keindahan alami. Hutan wisata ini juga menjadi unggulan wilayah Pasaman.

Selain merebut yellow jersey, Garcia juga sukses mengkudeta green jersey (raja sprint) dari Dylan Newberry setelah mengumpulkan 30 poin. Untuk predikat raja tanjakan (polkadot jersey) tetap dipegang pembalap Pishgaman Cycling Team, Amir Kolahdouz dengan 37 poin.