Tour de Singkarak (TdS) 2016

Etape Terakhir, 78 Pembalap Tersisa Adu Cepat Capai Finis

Minggu, 14 Agustus 2016 13:57 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Taufik Hidayat/Indosport
Pembalap melintasi Cagar Budaya Makam Syekh Burhanuddin, Kabupaten Padang Pariaman. Copyright: © Taufik Hidayat/Indosport
Pembalap melintasi Cagar Budaya Makam Syekh Burhanuddin, Kabupaten Padang Pariaman.

Etape terakhir kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2016 akan berlangsung dari Kota Bukittinggi menuju Kota Padang. 78 dari 110 pembalap yang tersisa akan menempuh jarak sejauh 146,5 km menuju garis finis.

Sejauh ini, pembalap asal Iran, Amir Kolahdouz berada di puncak klasemen dengan mengantongi yellow jersey atau yang mencatat waktu paling singkat. Amir menjadi yang tercepat dengan waktu 22 jam 51 menit 45 detik. 

Pembalap dari Pishgaman Cycling Team ini ditempel ketat pembalap Indonesia yang memperkuat Terengganu Cycling Team Malaysia, Dedi Suryadi, dengan hanya berjarak satu menit 22 detik.

Amir diyakini dapat mengakhiri dominasi positifnya dengan baik, mengingat selain mengantongi yellow jersey, Amir juga memegang green jersey atau raja sprint maupun polkadot jersey yaitu predikat raja tanjakan TdS 2016.

Sementara Dadi Suryadi tak tergoyahkan memegang red white jersey dan mendapat predikat pembalap Indonesia tercepat. Pembalap asal Sumedang ini juga tinggal menunggu penobatan sebagai yang terbaik kategori nasional. Saat ini pebalap berusia 27 tahun ini membukukan total waktu 22:53:07 atau terpaut lebih dari 16 menit dari pebalap dibelakangnya yaitu Hari Fitrianto dari Black Ink Laos.

7