Tour de Singkarak Dipastikan Berlangsung Oktober 2017

Kamis, 8 Juni 2017 13:42 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Pembalap Tour de Singkarak melintasi salah satu ikon Provinsi Sumbar, Masjid Raya Sumatera Barat. Copyright: © Taufik Hidayat/INDOSPORT
Pembalap Tour de Singkarak melintasi salah satu ikon Provinsi Sumbar, Masjid Raya Sumatera Barat.

Balap sepeda Tour de Singkarak dipastikan berlangsung pada 10-18 Oktober 2017 mendatang. Pada gelaran ke-9 ini, uang hadiah rencananya ditingkatkan dari Rp2,3 miliar menjadi Rp2,5 miliar.

"Event balap sepeda internasional ini sudah confirmed 10-18 Oktober 2017," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulvian.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Tour de Singkarak 2016 Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTTour de Singkarak 2016.

Balapan ini akan berlangsung dalam sembilan etape. Kabupaten Tanah Datar akan menjadi lokasi start, sementara Kota Bukittinggi akan menjadi lokasi finish.

Baca juga:

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti, pemilihan lokasi ini ditetapkan setelah kedua daerah tersebut memenuhi persyaratan khusus.

© Taufik Hidayat/Indosport
Jyunggu Jang melintasi garis finis Copyright: Taufik Hidayat/IndosportGaris finish Tour de SIngkarak 2016.

"Opening ceremony TdS akan berlangsung pada tanggal 9 Oktober, yang akan menjadi host grand opening dan grand start tahun ini adalah Kabupaten Tanah Datar sedangkan Host grand finish adalah Kota Bukitinggi. Lokasi start dan finish ini memang harus memiliki persyaratan khusus, terutama ketersediaan penginapan sesuai standar," terangnya.

© Taufik Hidayat/INDOSPORT
Para pembalap bergerak dari garis star Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan Copyright: Taufik Hidayat/INDOSPORTPara pembalap bergerak dari garis star Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan.

Tour de Singkarak saat ini masuk dalam daftar lima besar balapan sepeda dengan jumlah penonton terbanyak di dunia. Balapan dengan penonton terbanyak adalah Tour de France (Prancis) yakni 12 juta penonton disusul oleh Giro d'Italia (Italia) dengan 8 juta penonton,  Vuelta a Espana (Spanyol) 5 juta penonton, Santos Tour Down Under (Australia) dengan 750.000 penonton dan Tour de Singkarak (TdS) dengan 550.000 penonton.