ISSI Rencanakan Gelar Uji Coba Asian Games di Velodrome Anyar

Selasa, 20 Juni 2017 12:00 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Anatar
Balap Sepeda. Copyright: © Anatar
Balap Sepeda.

Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) berencana menggelar uji coba balap sepeda Asian Games 2018 secara mandiri. Rencana ini mengemuka karena pembangunan velodrome di Rawamangun Jakarta, diprediksi tuntas sesuai jadwal.

"Velodrome sesuai jadwal akan tuntas pembangunannya pada Januari 2018. Makanya kami berencana menggelar test event mandiri jika waktunya terkejar," kata ketua umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari.

© Anatar
Balap Sepeda. Copyright: AnatarBalap Sepeda.

Balap sepeda sebenarnya tak masuk dalam 10 cabang olahraga yang akan melakukan test event. Adapun 10 cabang yang dimaksud, telah ditetapkan penyelenggara Asian Games 2018 atau INASGOC yaitu panahan, atletik, pencak silat, sepak bola, basket, bulu tangkis, tinju, taekwondo, angkat besi dan bola voli.

Baca juga:

Menurut Okto, velodrome yang dibangun saat ini tidak kalah dengan yang digunakan pada Olimpiade London. Pembangunannya dilakukan sesuai standar internasional. Selain itu, pihak ISSI maupun kontraktor juga melakukan konsultasi dengan federasi balap sepeda dunia (UCI).

"Pokoknya tidak kalah dengan yang di London. Velodrome benar-benar sesuai dengan standar internasional. Saat ini kami juga terus memantau pembangunannya," kata pria yang juga seorang promotor tinju profesional itu.

© Sportku.com
Balap Sepeda. Copyright: Sportku.comBalap Sepeda.

Selain merencanakan test event, ISSI juga akan menggelar acara peresmian velodrome standar internasional tersebut. Okto menyebut, pelaksanaannya akan digabung dengan pelaksanaan Tour d'Indonesia 2018. 

"Semoga semuanya bisa terealisasi dengan baik," kata Okto.