Masyarakat Palopo Dukung 19 November jadi Hari Bersepeda Nasional

Minggu, 20 Agustus 2017 20:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Petrus Manus DaYerimon/Indosport.com
Gowes Pesona Nusantara 2017. Copyright: © Petrus Manus DaYerimon/Indosport.com
Gowes Pesona Nusantara 2017.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memang tengah giat menggalakkan olahraga bersepeda. Salah satunya melalui program Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017 yang diselenggarakan di 90 Kota dan Kabupaten di berbagai daerah dalam rangka menyambut Hari Olahraga Nasional pada 9 September mendatang.

Tingginya sambutan masyarakat Indonesia terhadap acara Gowes Pesona Nusantara pun membuat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mewacanakan ingin membentuk Hari Bersepeda Nasional pada setiap 19 November, yang kemudian mendapat dukungan dari masyarakat Palopo.

Kadispora Kota Palopo Nuryadin S.H yang mewakili masyarakat Palopo secara lugas menyatakan hal itu patut direalisasikan mengingat banyak lapisan masyarakat yang sering berolahraga santai menggunakan sepeda.

© Petrus Manus DaYerimon/Indosport.com
Gowes Pesona Nusantara 2017 Copyright: Petrus Manus DaYerimon/Indosport.comMasyarakat Pandopo ingin setiap tanggal 19 November dijadikan hari Bersepeda Nasional.

"Kami sangat menginginkan hal itu diwujudkan (hari bersepeda nasional), karena kita lihat saja hari ini sangat banyak yang ikut gowes. Kalau ada kegiatan lain yang berhubungan dengan olahraga, kami bersedia jadi tuan rumah di Palopo. Karena di samping olahraga, ini juga mempererat NKRI serta kami bisa mengenalkan budaya dan pariwisata," ujar Kadispora Kota Palopo, Nuryadin S.H.

Sementara itu, pihak Kemenpora melalui Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora, Arifin Majid menjelaskan kalau saat ini pengajuan hari bersepeda nasional saat ini dalam proses menunggu keputusan Presiden dan bulan November tampaknya akan menjadi bulan bersejarah bagi pecinta sepeda nasional.

"November nanti akan ada Keppres untuk hari bersepeda nasional dari Presiden. Jadi rangkaian kegiatan gowes pesona nusantara serta pengambilan tanah dan air ini akan mengawali tonggak bersejarah dalam rangka sepeda nasional," tuturnya pada awal media saat acara GPN di Palopo, Minggu (20/08/17).

"Sebenarnya ini program pertama (Gowes Pesona Nusantara) dan tahun depan akan ada yang lebih luas lagi," sambungnya mengenai niat diadakan ajang gowes yang lebih luas.

© Petrus Manus DaYerimon/Indosport.com
Gowes Pesona Nusantara 2017 Copyright: Petrus Manus DaYerimon/Indosport.comGowes Pesona Nusantara 2017.

Pada Gowes Pesona Nusantara di Palopo kali ini peserta yang ikut ambil bagian terhitung cukup banyak. Dari laporan panitia disebutkan ada sekitar 5000 ribu orang yang ikut bersepeda dari Lapangan Gaspa melewati jalur sepanjang 17 km dan finish di Pantai Labombo yang juga menjadi lokasi car free day.

Sebelum pelepasan acara gowes pagi tadi di Palopo,Walikota setempat menyerahkan tanah dan air yang diambil dari tempat sakral dan melalui upacara adat untuk diberikan pada perwakilan Kemenpora yang nantinya akan dibawa ke Magelang, Jawa Tengah, untuk disatukan dengan dengan tanah dan air dari berbagai daerah, yang nantinya akan dijadikan satu membentuk monumen NKRI di kawasan Gunung Tidar, Magelang, pada puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September 2017.