Pesepeda Jarak Jauh Indonesia yang Tewas di India Dimakamkan

Kamis, 14 Desember 2017 20:37 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Abdurrahman Ranala
© FB/Nafal Quryanto
Traveler Sepeda Asal Indonesia, Nafal Quryanto. Copyright: © FB/Nafal Quryanto
Traveler Sepeda Asal Indonesia, Nafal Quryanto.

Seorang traveler sepeda asal Bogor, Jawa Barat, bernama Nafal Quryanto yang meninggal dunia karena kecelakaan saat bersepeda di pegunungan Negara Bagian Uttarakhand, India, dekat perbatasan dengan Nepal pada Rabu (06/12/17) akhirnya dikebumikan di TPU Rimbawan, Kompleks Loji, Kota Bogor, Rabu (13/12/17) malam WIB.

Isak tangis mewarnai pemakaman, bahkan ibunda Nafal nyaris pingsan saat melihat jasad anaknya dimasukan ke liang lahat. Salah satu teman dekat Nafal, dokter Aristi, menceritakan secara gamblang komunikasi terakhir dengan Nafal sebelum kecelakaan. 

"Dia (Nafal) bilang mau ke Nepal, cuma memang di tengah jalan banyak yang berubah, termasuk jalur yang dilewati dia di lokasi kejadian," ucap Aristi dilansir dari Kompas.

Aristi menambahkan, Nafal sebelumnya sempat mengucapkan selamat ulang tahun untuknya melalui unggahan video yang diupload ke Facebook pribadinya. Dalam video tersebut Nafal sudah memasuki wilayah Uttarakhand, di tepi Sungai Gangga.

"Cuma pas saya bilang ngapain lewat situ, sudah enggak nyambung lagi komunikasinya. Kalau di plot, masih sekitar berapa ratus kilometer lagi dari tempat kejadian," pungkasnya.

Nafal memulai perjalanan impiannya keliling dunia dengan sepeda sejak akhir Juni 2017. Ia menyeberang ke Singapura dengan menggunakan kapal dan mulai menggowes sepedanya menembus beberapa negara. Nepal merupakan tujuan akhir pria berusia 28 tahun itu.