Hebat, Pembalap Indonesia Buat Kejutan di Penutupan ITDBI 2018

Sabtu, 29 September 2018 20:44 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/Indosport
Jamilidin Novardianto berhasil menjadi raja sprint. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport
Jamilidin Novardianto berhasil menjadi raja sprint.

INDOSPORT.COM - International Tour de Banyuwangi Ijen (ITDBI) 2018 pada Sabtu (29/09/18), sudah memasuki etape keempat alias etape terakhir. Pada etape terakhir ini salah satu pembalap asal Indonesia membuat kejutan dengan keberhasilannya meraih jersey hijau.

Pembalap asal Malang, Jawa Timur, Jamilidin Novardianto dari tim PGN Road Cycling, ditasbihkan sebagai raja sprint oleh juri ITDBI 2018 dengan poin 24. Tentunya dengan hasil tersebut Jamilidin mengaku sangat senang dan bahagia lantaran bisa memakai jersey hijau yang sudah lama dia idam-idamkan sebelumnya.

"Tentunya sangat senang ya bisa mendapatkan jersey hijau ini, saya perlu waktu satu tahun untuk bisa meraih jersey ini. Kemarin hampir saja bisa meraih di Tour Banyuwangi ini, tapi karena saya merasa kurang persiapan jadi belum berhasil," kata Jamilidin.

"Akhirnya saya bisa menyalip pesaing saya di Tour Banyuwangi tahun lalu dan sekarang saya bisa meraihnya. Tentu ini sangat senang bagi saya karena bisa menyalip pesaing saya itu," lanjutnya. 

Keberhasilan Jamilidin tidak dia dapatkan dengan cara yang instan. Jamilidin mengatakan untuk mengikuti ITDBI 2018 dirinya membutuhkan persiapan matang.

"Sebelum kesini saya ikut Tour Siak kemarin, dari situ saya semakin percaya diri untuk bisa meraih jersey hijau dan akhirnya kesampaian. Mudah-mudahan jika Tour Banyuwangi tahun depan ada lagi saya ingin mempertahankannya," ungkapnya.

Sementara itu juara umum ITDBI 2018 berhasil disabet oleh tim asal Australia, St George Continental. Tim ini memang sudah tampak menonjol sejak etape pertama ITDBI 2018. Sejumlah pembalapnya pun terlihat sudah benar-benar menguasai medan Banyuwangi.

© Fitra Herdian/Indosport
Suasana clossing ceremoni ITdBI di Paltidung Ijen, Banyuwangi. Copyright: Fitra Herdian/IndosportSuasana closing ceremony ITDBI di Paltidung Ijen, Banyuwangi.

Alhasil, dengan persiapan yang matang itulah tim yang sudah konsisten ikut ITDBI setiap tahunnya ini berhasil meraih juara umum. Sedangkan di posisi kedua ditempati oleh tim asal Jepang, Kinan Cycling dan juara ketiga diraih oleh tim asal Malaysia, Sapura Cycling.

Pada etape keempat ini juga dilangsungkan acara seremonial penutupan ITDBI 2018. Pada acara tersebut hadir Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. 

"Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ITDBI 2018 ini sampai akhir," katanya. 

Pada acara seremonial itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi memilih lokasi yang sangat memukau tepatnya di daerah Paltuding, Ijen, Kabupaten Banyuwangi.

Keunikan itu terlihat dari hamparan lapangan luas dengan latar belakang Gunung Ijen. Suasana yang semakin sore juga membuat suhu udara disana semakin dingin, namun tetap hangat dengan lantunan musik khas Banyuwangi.

Terus Ikuti Berita Olahraga Seputar International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) Hanya di INDOSPORT.COM.