Bakal Seru! Ratusan Pembalap dari 18 Negara Bakal Meriahkan Banyuwangi International BMX 2019

Kamis, 24 Oktober 2019 18:57 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Humas Kab Banyuwangi
Kompetisi International Bicycle Motocross (BMX) kembali digelar di Banyuwangi. Copyright: © Humas Kab Banyuwangi
Kompetisi International Bicycle Motocross (BMX) kembali digelar di Banyuwangi.

INDOSPORT.COM - Ratusan pembalap dari 18 negara akan turut memeriahkan kompetisi Banyuwangi International BMX 2019 pada tanggal 26 s.d. 27 Oktober 2019 mendatang.

Kompetisi yang akan digelar di Sirkuit BMX Muncar itu akan menampilkan 253 atlet dari Brazil, Inggris, Denmark, Italia, Ekuador, New Zealand, Australia, China, Thailand, Malaysia, Latvia, Jepang, Jerman, Republik Ceko, Hong Kong, Kanada, Chile, dan tak ketinggalan, Indonesia.

Mereka akan berjuang sekuat tenaga demi mengumpulkan poin menuju Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Apalagi, Banyuwangi International BMX 2019 akan menghadirkan kelas Hors Class, yang mana satu tingkat lebih tinggi dari C1 race, kelas yang sudah rutin dilombakan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Level Hors Class poinnya memang lebih besar. Ini kesempatan bagi mereka untuk berlomba-lomba mendulang poin sebelum bisa lolos ke Olimpiade 2020 nanti,” ujar Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Hors Class ini sendiri akan dilaksanakan pada hari kedua kompetisi. Perlu diketahui, di satu benua, perlombaan di kelas ini hanya boleh digelar sebanyak 6 kali dalam setahun.

Selain itu, Anas juga berharap Banyuwangi International BMX 2019 yang berskala besar bisa menjadi ajang memajukan potensi wisata Banyuwangi, khususnya bagi komunitas, atlet, penggemar, dan pencinta olahraga BMX.

“BMX punya komunitas penggemar yang besar dan solid di Indonesia. Lewat ajang ini kita ingin menggeret mereka kemari untuk menjajal sirkuit BMX yang sudah berstandar internasional, sekaligus berwisata menjelajah destinasi yang beragam,” ucap Abdullah Azwar Anas lagi.

Banyuwangi International BMX 2019 yang masuk agenda rutin Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) ini juga mendapat dukungan dari Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Wawan Yadmadi.

Wawan yakin kompetisi akan berjalan meriah lantaran salah satu atlet ternama berprestasi asal Australia, Caroline Buchanan, masuk daftar ratusan atlet yang akan berpartisipasi. Peraih 5 kali juara dunia BMX dan MTB bakal turun di kategori Elite Women.

Selain itu, ada pula Sarah Walker, peraih medali perak Olimpiade 2012 dan Amanda Carr yang merupakan juara Asian Games 2014.

“Bisa dibayangkan serunya kan, saat para jawara dunia ini bertemu dalam satu arena. Jadi jangan sampai lewatkan aksi-aksi hebat mereka,” kata Wawan.

Kategori Elite Men pun juga tak ketinggalan dengan sejumlah nama besar seperti Renato Rezende, dan Jimmi Therkelsen. Atlet andalan Indonesia, Tony Syafrudin dan I Gusti Bagus Saputra juga sudah memastikan kepesertaannya.

Perlu diketahui, Banyuwangi International BMX 2019 sendiri melombakan 27 kelas, yakni Challenge Boys (usia 5-6 thn, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16), Challenge Girls (usia 5-7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16), Challenge Men, Junior Men & Women, Elite Men & Women, serta master khusus usia lebih dari 30 tahun.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%