Aiman Cahyadi Berhasil Menyumbangkan Emas di Cabor Balap Sepeda

Jumat, 6 Desember 2019 11:46 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Humas Tour de Banyuwangi Ijen 2019
Indonesia kembali menambah medali emasnya di SEA Games 2019. Kali ini lewat cabang olahraga balap sepeda yang di tunggangi Aiman Cahyadi. Copyright: © Humas Tour de Banyuwangi Ijen 2019
Indonesia kembali menambah medali emasnya di SEA Games 2019. Kali ini lewat cabang olahraga balap sepeda yang di tunggangi Aiman Cahyadi.

INDOSPORT.COM – Indonesia kembali menambah medali emasnya di SEA Games 2019. Kali ini lewat cabang olahraga balap sepeda yang di tunggangi Aiman Cahyadi pada nomor individual time trial yang berlangsung di Praying Hans Monumen, Tagaytay City, Filipina, dengan jarak tempuh 35 kilometer pada Kamis (12/5/2019).

Aiman turun di nomor individual time trial sukses menorehkan catatan waktu tercepat, yakni 58 menit 37,993 detik. Catatan waktunya ini mengungguli atlet asal Thailand, Thanakhan Chaiyasombat dan atlet asal Singapura, Choon Huat Goh.

Mendali emas ini menjadi pertama mengingat beberapa nomor unggulan yang ditargetkan seperti cross country putra dan down hill putra dan putri gagal meraih hasil terbaik sesuai dengan harapan.

Setelah puas mendapatkan perak dan perunggu, akhirnya Aiman menjadi sosok yang sukses menyumbangkan emas.

"Alhamdulillah sekarang sports science yang diterapin memang berdampak besar sama anak-anak dan juga dukungan konsisten dari PGN yang membina atlet tanpa putus itu menjadi kuncinya," imbuh Aiman Cahyadi dilansir dari laman Antara.

PGN Road Cycling Team (PRCT) menurunkan pembalap road terbanyak untuk kontingen Indonesia. Salah satunya  Aiman, Odie Setiawan, Robin Manullang, Jamalidin Novardianto, Sendy Nur Hasan.

PGN mengambil satu pelatih muda ke skuat timnas yaitu Rastra Patria Dinawan mantan pebalap nasional ini telah berkontribusi dengan mengedepankan sports science dalam melakukan pembinaan berjenjang dan akrab dengan teknologi.

"Coach Rastra memang membuat perubahan bagi anak-anak. Dan ini salah satu hasilnya. Dengan pembinaan yang tidak putus, saya optimistis akan terus maju," lanjut Aiman Cahyadi.

Menurut manajer timnas balap sepeda Budi Saputra, kesuksesan Aiman memperoleh mendali emas karena adanya peran serta dari salah satu pelatih muda Rastra Patria yang sangat terbuka dengan penggunaan sports science.

"Hasilnya sudah jelas. Memang saatnya kita benar-benar menggunakan sports science untuk melakukan pembinaan dan pelatihan terutama dalam cabang balap sepeda," tutup manajer timnas balap sepeda Budi Saputra dilansir dari laman Antara.

Kontingen Indonesia berharap dua nomor individual road race yang diikuti team time trial (TTT) bersama Robin Manullang, Odie Setiawan dan Muhammad Abdurrohman juga mengikuti jejak kesuksesan Aiman untuk menyumbangkan mendali emas.

Penulis: Kurnia Sandi