Pertina Target Juara Umum di Piala Presiden

Kamis, 16 April 2015 21:04 WIB
Penulis: Ratno Prasetyo | Editor: Joko Sedayu
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
 Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT

Kejuaraan tinju Piala Presiden ke-22 akan diselenggarakan di Palembang Sports and Convention Center (PSCC) pada 20-25 April 2015. Kejuaraan yang di gagas oleh mantan Presiden Republik Indonesia, Soeharto,  pada 1976 itu akan diikuti sebanyak 116 petinju pria dan 61 petinju wanita dari 20 negara.

Sebagai tuan rumah, pada Piala Presiden kali ini, Indonesia sendiri akan menurunkan sebanyak 33 petinju pria dan wanita demi target untuk menjadi juara umum.

"Target kami adalah juara umum. Dari tiga tim yang kami terjunkan ada petinju SEA Games, ada juga tim dua dan tiga ini petinju-petinju terbaik juara-juara nasional yang kami panggil. Ini juga setara kualitasnya dengan tim SEA Games," ujar Sekretaris Jenderal Pertina, Martines dos Santos, pada konferensi pers di PP Pertina, di Jakarta.

Ajang Piala Presiden ke-22 juga dimanfaatkan sebagai ajang try out petinju Indonesia dan untuk mengintip kekuatan lawan menjelang SEA Games 2015 di Singapura.

"Saya lihat daftar namanya itu rata-rata mereka yang akan tampil pada SEA Games 2015 di Singapura nanti. Jadi ini salah satu cara kami, yang sengaja dibikin pada bulan April, karena saya yakin bahwa ini pasti dipakai ajang try out buat negara-negara Asia Tenggara lainnya," sambung Martines.

Piala Presiden terakhir yang pernah diadakan pada 2011 di Jakarta, di mana Jepang menjadi sebagai juara umum dan Julio Bria dari Indonesia terpilih sebagai petinju terbaik.

2