Juara Asia Ini Bicara Mengenai Kesehatan Legenda Tinju Indonesia, Ellyas Pical

Sabtu, 18 Februari 2017 13:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ellyas Pical Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ellyas Pical

Kabar mengenai kondisi Ellyas Pical tersebut pun membuat salah satu petinju nasional, Maxi Nahak turut memberikan perhatiannya.

Menurut Maxi yang merupakan juara WBC Asia kelas menengah (72,5 kg) pada 2016 lalu, sakit yang dialami legenda tinju Indonesia, Ellyas Pical tersebut tidak lain karena faktor umur.

Selain itu Maxi yang pernah bertemu dengan Ellyas Pical, menyatakan bahwa penyakit yang sering muncul pada seorang petinju di masa pensiunnya itu adalah akibat mereka terlalu sering beraktivitas dan latihan yang berat. 

Aksi Ellyas Pical saat bertanding melawan Feras Taborat.

“Dia orangnya dulunya kan aktivitas latihannya sangat keras terus belakangan berhenti jadi umur-umur seperti itu pasti ada saja penyakit yang muncul, kalau tidak pasti gemuk banget,” ujar Maxi Nahak kepada INDOSPORT.

“Latihan berat itu sangat berperngaruh bagi petinju apalagi kalau ada yang memakai obat pada masa jayanya dan saat masa tua tidak melakukan aktivitas apapun,” tambah petinju asal Malaka, Nusa Tenggara Timur tersebut.

Kini kondisi legenda tinju Indonesia, Ellyas Pical dikabarkan mulai membaik usai menjalani operasi pemasangan ring di RS Harapan Kita, Jakarta, Jumat (17/02/17) malam. Saat ini Elly masih berada di ruang perawatan intensif.  

105