Juri Independen WBO Sahkan Kemenangan Horn atas Pacquiao

Selasa, 11 Juli 2017 21:38 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Manny Pacquiao tertunduk lesu usai dikalahkan Jeff Horn. Copyright: © INDOSPORT
Manny Pacquiao tertunduk lesu usai dikalahkan Jeff Horn.

The Philippines' Games and Amusement Board (GAB) meminta WBO untuk meninjau ulang hasil laga antara Manny Pacquiao dan Jeff Horn yang berlangsung 2 Juli lalu. Dalam laga bertajuk "Battle of Brisbane" ini, Pacquiao gagal mempertahankan gelar juara dunianya dari sang petinju Australia.

Horn berhasil memenangkan pertandingan melawan Pacquiao dalam 12 ronde, setelah ketiga hakim memberi angka 117-111, 115-113, dan 115-113. Meski hasil ini menimbulkan kontroversi, WBO menegaskan bahwa hasil tersebut sah berdasarkan peninjauan ulang dari lima juri independen.

© AFP
Manny Pacquiao dan Jeff Horn. Copyright: AFPManny Pacquiao dan Jeff Horn.

"Hasil laga Jeff Horn vs Manny Pacquiao kontroversial karena menimbulkan perdebatan di antara para penggemar. Untuk alasan ini, transparansi sangat penting. WBO tak punya kekuasaan untuk mengubah keputusan juri berdasarkan pertimbangan karena hanya dapat dicabut saat terjadi kecurangan atau pelanggaran hukum, yang tidak relevan dalam kasus ini."

Baca Juga

"Berdasarkan hal ini, lima juri anonim yang kompeten dari berbagai negara diminta untuk menyaksikan laga tanpa suara. Hasilnya, bisa dipastikan bahwa Pacquiao menang lima ronde, sementara Horn menang tujuh ronde," demikian bunyi pernyataan resmi dari WBO.

© Christian Petersen/Bradley Kanaris/Fairfax Media via Getty Images
Manny Pacquiao dan Jeff Horn. Copyright: Christian Petersen/Bradley Kanaris/Fairfax Media via Getty ImagesManny Pacquiao dan Jeff Horn.

Pacquiao sendiri sebetulnya sudah legawa dengan hasil ini. "Saya tak menduga ia bisa setangguh ini. Tidak apa-apa, ini bagian dari permainan. Itu keputusan dari juri, saya menghormatinya," tutur Pac-Man seusai laga.

Namun seperti yang disampaikan oleh sang promotor, Bob Arum, Pacquiao bersedia untuk melakukan laga ulang dengan Horn yang kemungkinan berlangsung November atau Desember tahun ini.