2 Petinju Indonesia Pertahankan Gelar WBC Asia di Indonesia Pride

Senin, 14 Mei 2018 22:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

Dua petinju Indonesia, James Mokoginta dan Ruben Manakane, kembali sukses memenangkan duel mempertahankan gelar WBC Asia dalam kejuaraan tinju profesional bertajuk Indonesia Pride yang digelar di Jakarta, Minggu (13/05/18).

James yang turun di kelas Featherweight WBC Asia tampil trengginas merangsek sejak bel ronde pertama dibunyikan. Seakan tak memberi ruang, petinju asal Thailand Taweechai Juntarasuk kesulitan meladeni fighter 27 tahun itu.

Tekanan yang diberikan James, melalui jab lurus dan hook mengagetkan perlawanan petinju asal Thailand. Petaka datang, pukulan keras beruntun yang dilancarkan James di ronde ke-4 membuat Taweechai terjatuh dan James dinyatakan menang TKO. James menyudahi duel sekaligus mempertahankan gelar untuk yang kedua kalinya.

Pertarungan lebih sengit ditampilkan oleh Ruben. Menghadapi lawan yang juga berasal dari negeri Gajah Putih, Yutthichai Wannawong, petinju asal Kawanua ini tampil beringas sejak ronde awal. 

Tak ingin menjadi bulan-bulanan, Yutthichai berusaha meladeni gaya fighter Ruben melalui teknik hit and run. Beberapa kali straight Ruben mengenai wajah Yutthichai, namun, aksi balasan petinju bertemperamen ini sempat menggoyahkan Ruben.

"Saya sangat senang dengan kemenangan kedua ini sekaligus mengharumkan nama bangsa Indonesia. Saya akan berusaha memperbanyak rekor di dalam negeri karena saya berambisi untuk mengikuti ajang kejuaraan dunia, entah itu WBA, WBC atau IBF," ungkap James.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Keluarga Kawanua Ronnie W Sompie merasa bangga atas keberhasilan yang diraih oleh ketiga petinju yang juga berasal dari tanah kelahirannya. Menurutnya, even tinju profesional seperti yang dilakukan promotor Nelson Nainggolan ini akan terus didukungnya.

“Ada tiga petinju yang membuat kebanggaan Kawanua dan Indonesia, ini merupakan potensi yang harus kita beri ruang untuk mengikuti kejuaraan tinju baik nasional maupun internasional. Kami akan terus mendukung langkah yang dilakukan Promotor Nelson,” tegas Ronnie Sompie kepada awak media.