Petinju Transgender Cetak Sejarah Baru

Senin, 10 Desember 2018 16:54 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Petinju transgender, Patricio Manuel, membuat sejarah dengan memenangkan turnamen pada debut tinju profesionalnya, menghadapi Hugo Agular.

Manuel, yang mulai bertransisi pada 2013 menerima cemoohan setelah mengalahkan Aguilar. Ia adalah pria transgender pertama yang bertarung secara profesional di Amerika Serikat.

Namun keberhasilannya itu ternyata tak membuat beberapa orang senang. Terbukti ia mendapatkan ejekan dari beberapa penonton, disadur dari laman berita olahraga Sun Sports.

"Saya mendengar beberapa fans tidak senang. Tidak apa-apa, saya akan kembali. Saya akan membuat mereka bahagia. Saya pikir jika orang tahu apa yang diperlukan untuk sampai saat ini, sudah hampir dua tahun sejak saya berada di ring tinju,” kata Manuel.

"Tapi saya senang dan harus menghormati lawan saya. Dia datang untuk bertarung. Dia melawan saya sepanjang waktu. Dia mempermainkanku sebagai laki-laki, dan aku sangat menghormati dia."

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Patricio "Pat" Manuel 🥜 (@team_pat_manuel) on

"Saya tidak akan menukarkan semua yang saya lalui untuk sampai ke titik ini. Saya seorang petinju profesional sekarang. Saya benar-benar ingin terus berjalan di ring tinju,” tambahnya.

Petinju berusia 34 tahun itu mulai bertempur sebagai wanita di Olimpiade 2012 untuk Amerika Serikat tetapi cedera bahu mengkandaskan mimpinya menuju London Games.

Ia kemudian menjalani operasi pergantian kelamin dan pemeriksaan hormone. Meski sempat diragukan, Manuel akhirnya mendapatkan izin untuk bertarung sebagai petinju pria.

Terus Ikuti Update Seputar Tinju dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM