Tinju: Anthony Joshua Tak Takut Bangkrut Meski Dipermalukan Andy Ruiz Jr

Selasa, 4 Juni 2019 12:50 WIB
Penulis: Tempo.co | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Al Bello/Getty Images
Anthony Joshua kalah dan kehilangan 4 gelar juara dunia sekaligus. Al Bello/Getty Images Copyright: © Al Bello/Getty Images
Anthony Joshua kalah dan kehilangan 4 gelar juara dunia sekaligus. Al Bello/Getty Images

INDOSPORT.COM - Kubu Anthony Joshua menegaskan mereka tak takut bahwa sang mantan juara tinju dunia kelas berat itu bakal tak laku lagi atau malah bangkrut pasca kekalahan dari Andy Ruiz Jr di New York, Minggu (2/4/19).

Direktur AJ Boxing, Freddie Cunningham, berpendapat kekalahan Joshua dari Andy Ruiz Jr sama sekali tidak berimbas pada kekayaan sang petinju. Bahkan, Cunningham yakin Anthony Joshua bakal lebih banyak mengeruk duit setelah ini.

“Dalam olahraga profesional, prestasi atlet memang dipenuhi gejolak naik-turunnya prestasi. Apalagi di tinju, dan para sponsor yang mendukung olahraga ini sangat tahu dan peduli,” ujar Cunningham.

“Kita lihat saja kisah soal kembalinya Anthony setelah ini. Jika dia mampu kembali ke puncak, kontrak sponsornya akan lebih banyak, lebih lama, dan lebih mahal. Komitmen para sponsor Anthony setelah pertarungan kemarin justru meningkat luar biasa,” imbuh Cunningham.

Promotor Joshua, Eddie Hearn, mengatakan bahwa secara komersial Joshua adalah yang termahal di antara semua petinju kelas berat di dunia. Nilai komersial Joshua bahkan jauh melebihi juara kelas berat tak terkalahkan asal Amerika Serikat, Deontay Wilder.

“Contoh kecil apa yang dilihat di arena. Wilder hanya mampu menghadirkan 5000-6000 orang, sedangkan Anthony bisa puluhan ribu. Di situlah lantas muncul masalah jika buru-buru mementaskan mereka. Bisa saja masing-masing menerima bayaran hingga 50 juta pound sterling, tetapi bagaimana dengan hak pembagian sponsor dan unsur-unsur komersial lainnya?” ujar Hearn.

Hearn sendiri baru mendapatkan kontrak dari jaringan televisi streaming DAZN sebesar 1 miliar pound untuk program-program tinjunya, termasuk Joshua.

Anthony Joshua saat ini diperkirakan memiliki penghasilan bersih sekitar 35 juta pound sterling, atau Rp 630,5 miliar. Dari jumlah itu sekitar Rp 90 miliar dihasilkan dari kontrak sponsor, yang mencapai 12 merek dari berbagai jenis produk.

Berikut ini adalah daftar bayaran Anthony Joshua dari pertarungan dalam 2 tahun terakhir (dalam poundsterling):

2017
Anthony Joshua (15 juta) vs Wladimir Klitschko (15 juta)
Anthony Joshua (9 juta) vs Carlod Takam (750 ribu)

2018
Anthony Joshua (8 juta) vs Joseph Parker (8 juta)

Anthony Joshua (19 juta) vs Alexander Povetkin (9 juta)

2019
Anthony Joshua (20 juta) vs Andy Ruiz Jr (5 juta)