x

Siap Main ke Kejuaraan Dunia, Tibo Monabesa: Ini Mimpi Saya Sejak Kecil!

Selasa, 3 April 2018 01:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Petinju Indonesia, Tibo Monabesa.

Petinju Indonesia, Tibo Monabesa baru saja mempertahankan gelar juara kelas terbang junior WBC International Silver, usai mengalahkan penantangnya dari Filipina, Lester Abutan, pada Minggu (31/03/18) di GOR Cengkareng, Jakarta Barat. Tibo menang angka dengan skor 117-110, 117-109, dan 119-108.

Kemenangan kali ini sekaligus membuat langkah Tibo untuk melangkah ke perebutan gelar juara dunia semakin terbuka lebar. Rencananya, pemuda asal Nusa Tenggara Timur itu akan naik ring pada pertengahan atau akhir tahun ini.

Baca Juga

1. Siap ke Kejuaran Dunia

Tibo Monabesa

Hal itu membuat Tibo sangat bahagia. Ia mengakui jika cita-cita untuk bermain di atas ring di kejuaraan dunia sudah diimpikan sejak kecil. Karenanya, pria 27 tahun itu memutuskan untuk mulai serius menggeluti dunia adu jotos pada enam tahun lalu atau 2012.

"Tahun ini rencananya ke kejuaraan dunia, tapi belum tahu siapa lawannya dan masih rahasia. Rencananya main di Indonesia dan Pak Armin sendiri yang mengaturnya," ucap Tibo.

"Cita-cita saya untuk menjadi juara dunia itu mulai dari kecil dan saya mulai serius berlatih pada 2012 lalu. Dan sampai saat ini, saya masih berharap bisa tampil di level atas," imbuhnya.


2. Gait Mempersiapkan Diri

Tibo Monabesa.

Untuk bisa membuktikan diri pantas main di kejuaraan dunia, Tibo ingin terlebih dahulu memperbaiki kekurangan yang ada. Bersama Sasana Armin Tan Boxing Camp, Tibo menetapkan hati untuk berlatih lebih giat sehingga bisa mewujudkan cita-citanya meraih juara dunia.

"Saya harus latihan lebih bagus karena masih banyak kekurangan yang harus diperbaikai contohnya tempo permainan karena saat lawan yang tipe mainnya baik kita harus bisa lebih sesuaikan diri," urai Tibo.


3. Akhir Tahun Tampil di Kejuaran Dunia

Petinju Indonesia, Tibo Monabesa.

Promotor sekaligus pelatih Tibo, Armin Tan memastikan anak asuhnya akan bertanding tahun ini. Namun, ia enggan membocorkan di kelas mana petinju asal NTT itu bertanding di Kejuaraan Dunia. 

"Ini yang terakhir bagi Tibo. Setelah pertandingan ini Tibo akan tampil untuk kejuaraan dunia. Kejuaraan dunia apa? WBC, WBA, WBO? Saya masih rahasiakan," tutup Armin Tan.

TinjuTibo Monabesa

Berita Terkini