x

Kisah Pilu Larry Holmes, Petinju Terlupakan yang Dikagumi Mike Tyson

Sabtu, 16 Mei 2020 19:18 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Berikut ini ada kisah pilu dari legenda Larry Holmes, seorang petinju terlupakan yang malah dikagumi petarung Amerika Serikat Mike Tyson.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada kisah pilu dari legenda Larry Holmes, seorang petinju terlupakan yang malah dikagumi petarung Amerika Serikat Mike Tyson.

Larry Holmes merupakan salah satu petinju kelas berat yang lahir pada 3 November 1949 (70 tahun) di Cuthbert, Georgia, Amerika Serikat.

Petinju berjuluk The Easton Assassin itu mengawali karier tinju profesional pada 21 Maret 1973 kala menang perdana dari Rodell Dupree.

Sepanjang kariernya, Holmes turut membukukan 69 kemenangan (44 diantaranya KO) dan enam kekalahan hingga gantung sarung tinju pada 2002 silam.

Lawan terakhir Holmes ialah saat bersua Eric Esch di Scope, Norfolk, Virginia, Amerika Serikat 27 Juni 2002. Beruntung Holmes bisa menang.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan Holmes juga pernah kalah dari Evander Holyfield dalam laga yang berjalan 12 ronde di Caesars Palace, Nevada, Amerika Serikat, 19 Juni 1992.

Kendati begitu, Holmes juga sempat melawan legenda-legenda tinju terkenal dunia mulai dari Michael Spinks, Muhammad Ali, hingga Mike Tyson.

Mengenai nama terakhir ternyata ada sebuah kisah menarik antara hubungan Larry Holmes dengan Mike Tyson. Kira-kira seperti apa? Simak.

Tyon Tepati Janji

Pertandingan tinju kelas berat Larry Holmes vs Mike Tyson, 22 Januari 1988.

Semasa masih aktif menjadi petinju, Holmes sempat mengalahkan legenda mualaf Muhammad Ali, 2 Oktober 1980 silam di Caesars Palace, Nevada.

Kemenangan itu membuat Holmes mempertahankan sabuk WBC dan memenangi The Ring and lineal. Tentu menjadi sebuah kebangaan tersendiri bagi Holmes.

Baca Juga
Baca Juga

Kekalahan Muhammad Ali ternyata memantik Mike Tyson untuk bisa mengalahkan Larry Holmes. Terlebih Tyson dan Ali merupakan teman yang sangat baik.

"Saya membuat janji dengan Ali, 'Ketika saya besar, saya akan melawan Holmes dan akan membalaskannya untukmu'," cerita Tyson dikutip Daily Mail.

Tyson pun menantang Holmes, yang telah memutuskan kembali naik ke atas ring usai dua tahun sebelumnya mengumumkan pensiun dari dunia tinju.

Holmes dibuat tak berdaya (TKO) kala dihajar Mike Tyson pada ronde ke-4 di Convention Hall, New Jersey, Amerika Serikat, 22 Januari 1988 silam.

Pertandingan itu juga turut dihadiri oleh Ali dan membuat Tyson bisa membayar dengan tuntas dengan mengalahkan Holmes dan mempertahankan gelar WBA, WBC, dan IBF.

Baca Juga
Baca Juga

Holmes yang Tak Diakui

Pertandingan tinju kelas berat Muhammad Ali vs Larry Holmes, 2 Oktober 1980.

Kendati sukses membalaskan dendam Muhammad Ali, Mike Tyson ternyata sangat mengagumi kepintaran Larry Holmes dalam bertanding di atas ring tinju.

Baik itu strategi, pukulan, hingga pengambilan waktu dalam mengalahkan lawan menjadi sebuah panutan yang dipelajari oleh Mike Tyson kala itu.

Meski begitu, pada kenyataanya, Holmes merasa tak diakui di dunia tinju. Padahal dirinya sempat mengalahkan beberapa nama besar pada masa lalu.

Holmes sempat hadir dalam sebuah pertandingan tinju karena diundang. Akan tetapi si pembawa acara dalam ring tersebut enggan menyebutkan namanya.

Baca Juga
Baca Juga

"Dia enggan melakukannya. Saya tak mungkin bohong karena saya katakan apa adanya," ujar Holmes dinukil laman Boxing Scene, November 2019.

Holmes juga mengaku ketika ada sebuah pertunjukan yang menayangkan laga ulang Foreman, Ali, hingga Frazier tetapi tak ada yang menampilkan performanya.

Hal tersebut membuat Holmes mesti membiasakan diri karena tak diakui dunia. Padahal, yakin Holmes, mereka-mereka itu tahu dirinya petinju hebat tetapi ogah mengakui.

Amerika SerikatMike TysonMuhammad AliTinjuFeatureBerita OlahragaBerita SportBerita Tinju

Berita Terkini