Kejuaraan Dunia Wushu 2015

Ibukota Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Wushu 2015

Kamis, 5 Maret 2015 16:30 WIB
Editor: Dimas Hendro Nugroho
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Wushu Sanda Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Wushu Sanda

Sesuai dengan MoU, kejuaraan dunia wushu ke-13 ini akan mempertandingkan 56 nomor dari kategori taulo (jurus) maupun sanda (tarung). Empat nomor di antaranya adalah jurus tradisional.

"Kejuaraan akan berlangsung di Istora Senayan, 13-18 November nanti. Ini adalah sebuah kebanggaan bagi Indonesia karena ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaraan bergengsi ini," kata Sekjen PB WI, Iwan Kwok, usai penandatanganan MoU.

Menurutnya, di dokumen MoU tersebut ada penjelasan mengenai hak dan kewajiban dari tuan rumah, selain itu juga ada penjelasan tentang hak dan kewajiban dari pihak IWUF. Dengan demikian, semuanya tinggal dilaksanakan.

Sebagai tuan rumah, kata dia, Indonesia harus menyiapkan lokasi pertandingan serta pendukungnya. Bahkan, juga menyiapkan akomodasi bagi negera peserta. Sedangkan IWUF salah satu tugasnya adalah mengundang peserta.

"Lokasi pertandingan harus sesuai dengan standar IWUF. Istora sudah tepat. Untuk peserta wewenang IWUF. Yang jelas anggota aktif kurang lebih 80 negara akan diundang pada kejuaraan ini," katanya menambahkan.

Besarnya status kejuaraan yang digelar, kata dia, juga membutuhkan biaya yang besar. Menurut Iwan, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp10 miliar. Pihaknya berharap, pemerintah dalam hal ini Kemenpora bisa membantu. Apalagi wushu telah mampu mengharumkan nama Indonesia di internasional.

Penandatangan MoU ini selain dihadiri Ketua Umum PB WI Supandi Kusuma juga dihadiri Wakil Presiden IWUF Antony Goh. Selain itu ada perwakilan pemerintah dalam hal ini Kemenpora yaitu Djoko Pekik Irianto serta perwakilan KONI DKI Jakarta dan pengurus provinsi WI.

"Di sela kejuaraan dunia ini juga akan dilakukan pemilihan Presiden IWUF. Jadi ada dua acara sekaligus pada November nanti," kata Ketua Umum PB WI Supandi Kusuma.

Sementara itu, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Djoko Pekik Irianto mengatakan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah merupakan hal yang luar biasa. Dengan demikian pihaknya akan memberikan dukungan demi suksesnya kejuaraan ini.

Menurut dia, wushu merupakan cabang olahraga yang sudah mampu mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional. Untuk itu pihaknya berharap, atlet-atlet Indonesia mampu lebih berprestasi lagi. Apalagi, sebelum kejuaraan dunia akan turun pada SEA Games 2015 di Singapura.

1