Kejuaraan Nasional Wushu Junior 2015

Masa Depan Atlet Wushu Berawal dari Kejurnas

Selasa, 22 Desember 2015 17:51 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zainal Hasan
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Aksi atlet wushu dari Gelora Wushu Indonesia, Yazid Abdul Hakim di kelas Chang Quan Junior C pada Kejurnas Wushu Junior 2015 di Tennis Indoor Senayan, Senin (21/12/15). Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Aksi atlet wushu dari Gelora Wushu Indonesia, Yazid Abdul Hakim di kelas Chang Quan Junior C pada Kejurnas Wushu Junior 2015 di Tennis Indoor Senayan, Senin (21/12/15).

Saat ini Kejuaraan Nasional Wushu Junior 2015 tengah berlangsung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Terkait hal tersebut wakil ketua umum III PBWI, Ngatino, mengatakan ajang ini merupakan awal karier dari seorang atlet wushu.

Melihat banyaknya animo peserta yang datang mengikuti kejuaraan junior tingkat nasional dan kelas inti bayangan open, pihak PB Wushu menilai hal ini bisa menjadi awal karier bagi atlet khususnya untuk kategori kejurnas junior.

"Masa depan atlet pasti dari sini (kejurnas wushu junior), namun tidak menutup kemungkinan suatu saat yang dari kategori inti open juga bisa ke Kejurnas," ujar Ngatino kepada INDOSPORT.

Wakil ketua umum tersebut juga menjelaskan saat ini masih dalam tahap pengenalan dan mendekatakan olahraga seni bela diri ini kepada masyarakat.

"Saat ini lagi menumbuhkan minat terhadap olahraga ini. Sementara para atlet yang sudah mengikuti kualifikasi PON dan lolos tidak di perkenankan mengikuti kejuaraan (junior) meskipun masih berada di umur yang sama," lanjutnya.

Ngatino juga mengatakan sistem berjenjang yang jelas dalam kejuaraan kategori Kerjunas Wushu Junior dapat memicu para altet untuk terus berkembang dan naik ke level berikutnya hingga nantinya akan terus berprestasi dan bisa mewakili nama daerah ataupun Indonesia di kejuaraan dunia.